garam bakso
Manfaat Garam Bakso
January 18, 2021
Produk Garam Dolphin
Garam Dolphin Sebagai Penyedap Masakan
June 12, 2021
garam tepung

ilustrasi

garam tepung

source : google

Garam tepung merupakan salah satu bumbu dapur yang hampir tidak bisa dilepaskan dari proses pembuatan suatu masakan termasuk di dalamnya jajanan atau camilan yang menggunakan garam yang ditaburi dan menjadi penyedap saat menyantap camilan tersebut.

Salah satu kandungan yang terdapat pada garam yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah Yodium.

Tubuh manusia pada dasarnya membutuhkan garam konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan pada beberapa bagian penting. Hal yang perlu dipahami dalam penggunaan garam adalah harus dalam ukuran tepat dan tidak berlebihan.

Manfaat Garam Tepung Bagi Tubuh

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai manfaat dari garam tepung bagi kesehatan tubuh, berikut ini ulasan secara lengkap terkait beberapa manfaat garam bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Menjaga Keseimbangan Eliktolit

Manfaat Garam Tepung bagi kesehatan yang pertama adalah untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Elektrolit berguna untuk mengatur keseimbangan fungsi dari organ yang ada di dalam tubuh. Apabila elektrolit dalam tubuh tetap seimbang, maka seluruh organ yang ada dapat tergonasir dengan baik, sehingga kinerjanya maksimal.

Garam akan membantu tubuh untuk mempertahankan tingkat hidrasi dalam keadaan seimbang sesuai dengan kebutuhan. Manfaat dari garam tersebut akan bekerja secara maksimal apabila diimbangi dengan olahraga secara rutin dan teratur. Penggunaan garam pada bahan masakan perlu diperhatikan agar dalam ukuran yang tepat untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Mulut

Mulut merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang rentan untuk terserang bakteri, terutama berasal dari makanan. Tanda terjadinya infeksi pada mulut bisa ditandai dengan adanya masalah pada gusi, gigi, bahkan hingga menyebabkan sariawan. Infeksi yang terjadi pada mulut tersebut dapat diatasi dengan cara mengonsumsi Garam Tepung secara tepat.

Cara mengatasi infeksi pada mulut dengan menggunakan garam adalah melarutkannya dalam air. Selanjutnya gunakan air garam tersebut untuk berkumur beberapa saat. Pastikan bahwa air garam tersebut dapat mengenai bagian mulut yang sedang mengalami infeksi. Cara ini terbilang cukup apuh untuk mereda rasa sakit akibat infeksi mulut pada gigi dan gusi.

Mencegah IQ Rendah

Kegunaan Garam Tepung untuk tubuh manusia yang berikutnya untuk mencegah IQ rendah. Garam yang mengandung yodium tinggi akan berperan aktif dalam memperbaiki sistem saraf otak. Kandungan yodium pada garam ini tepat diberikan sejak anak berusia hingga 5 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia balita, anak akan mengalami perkembangan otak serta cara berpikirnya.

Kurangnya kandungan garam pada tubuh anak akan membuat IQ-nya tumbuh lebih lambat. Hal ini akan menyebabkan anak tidak bisa menangkap apa yang dipelajari dengan terang. Pemilihan garam juga harus dilakukan dengan tepat agar kandungan yodium yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan. Mencegah IQ rendah dengan memanfaatkan garam bisa dilakukan sejak dini.

Mencegah Penyakit Gondok

Kandungan yodium yang ada pada Garam Tepung mampu membantu tubuh aga tidak mudah terserang penyakit gondok. Penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh kekurangan yodium di dalam tubuh, sehingga menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid. Pembengkakan tersebut dipicu kebutuhan tubuh untuk memproduksi kelenjar tiroid secara terus menerus hingga menimbulkan benjolan.

Fungsi dari hormon tiroid bagi tubuh adalah untuk membantu perkembangan otak manusia. Di samping itu, kelenjar tidorid juga berguna untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang belakang. Kekurangan hormon tiroid tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi garam yang mengandung yodium, sehingga akan mencegah terjadinya penyakit gondok akibat adanya pembengkakan.

Mencegah Terjadinya Hiponatremia

Intoksikasi air atau hiponatremia merupakan kondisi umum saat tubuh mengalami kekurangan yodium yang disebabkan kekurangan Garam Tepung. Gejala yang ditunjukkan saat tubuh mengalami hiponatremia meliputi selalu keluarnya keringat hingga diare. Kondisi tersebut akan membuat tekanan darah tubuh tidak stabil apabila dibiarkan dalam jangka watu yang lama.

Hal yang perlu diperhatikan saat tubuh mengalai gejala hiponatremia adalah dengan menjaga asupan zat zodium. Cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung garam untuk meningkatkan yodium di dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan garam biasanya akan mengalami ketidak stabilan kadar air, sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian tertentu.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat terakhir Garam Tepung bagi tubuh adalah untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Apabila kebutuhan garam dalam tubuh dapat dipenuhi dengan baik, maka akan dapat mencegah asam lambung naik. Kandungan asam lambung yang berlebihan di dalam tubuh tidak baik karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti perut selalu merasa mual saat mengonsumsi makanan.

Cara menjaga kesehatan sistem pencernaan yang baik adalah dengan mengonsumsi garam dengan kandungan yodium. Hal ini perlu dilakukan terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet agar kandungan asam lambung dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Konsumsi garam tersebut dapat dilakukan dengan cara mencampurkannya pada menu makanan.

Sudah paham bukan apa saja manfaat Garam Tepung bagi kesehatan tubuh? Mengonsumsi garam dengan takaran yang tepat akan membawa dampak baik bagi organ di dalam tubuh

Comments are closed.