garam tepung
Manfaat Garam Tepung Bagi Kesehatan
January 18, 2021
Tips Memilih Jenis Garam Terbaik Dengan Mudah
September 2, 2021

Mengenal Perbedaan Dari Garam Industri Dan Garam Konsumsi

Garam menjadi salah satu bumbu untuk memasak yang paling penting, yang pastinya akan selalu ada di setiap dapur. Tidak adanya garam akan membuat rasa makanan menjadi hambar, ada dua jenis garam di Indonesia yaitu garam Industri dan konsumsi. Lalu apa ciri garam Industri dan konsumsi yang harus kita tahu.

Perbedaan Garam Konsumsi & Industri

Garam konsumsi

Garam konsumsi merupakan sebuah garam yang dikonsumsi secara bersama-sama di dalam makanan dan juga minuman. Di kehidupan kita garam ini akan mendominasi dalam menu makanan yang akan membuat makanan jauh lebih nikmat dan akan dikonsumsi dengan teratur oleh masyarakat.

Garam Industri Indonesia ini berfungsi sebagai perantara zat yodium yang ada dalam tubuh manusia yang bisa menanggulangi penyakit gondok dan kretin endemic yang menjadi permasalahan gizi utama di masyarakat Indonesia.

Garam konsumsi ini dipakai untuk kebutuhan memasak dan berbagai keperluan untuk rumah tangga. Garam konsumsi ini memiliki NaCl 94% dan harus bisa memenuhi syarat kualitas sebagai garam yang layak untuk dikonsumsi. Standar dalam garam konsumsi ini sudah bisa dipenuhi oleh para petani garam yang ada di Indonesia.

Garam Industri

Garam Industri adalah garam yang umumnya akan dipakai untuk bahan baku dan sebagai bahan penolong berbagai Industri yang lainnya. Ciri garam industri ini biasa dipakai untuk kebutuhan tekstil, farmasi dan kosmetik.

Kandungan NaCl 97% ini dikhususkan bagi Industri pangan yang memiliki kadar Ca beserta Mg < 600 ppm. Ada banyak sekali pabrik garam Industri yang ada di Indonesia dan memiliki harga yang cukup kompetitif dan memberikan jaminan akan pasokan yang selalu berkesinambungan.

Garam Industri ini juga harus bisa memenuhi akan persyaratan kualitas Industri untuk aneka pangan, Industri petrokimia dll. Garam Industri juga mempunyai standar maupun klasifikasinya sendiri.

Manfaat Garam Di Dunia Industri

Bidang Industri merupakan salah satu sektor yang paling mendominasi untuk penggunaan garam sebagai bahan baku untuk mendukung dalam proses produksinya dan sisinya adalah memenuhi kebutuhan untuk rumah tangga.

Saat ini jika masih banyak kekurangan akan pasokan garam di dalam bidang industri masih mengandalkan dari impor, bukan hanya untuk memberikan pasokan yang stabil, kualitas dari supplier garam Industri yang impor juga sudah sesuai dengan spesifikasi dari garam Industri.

Manfaat penting yang dimiliki oleh garam Industri ini adalah sebagai berikut :

  • Bahan baku untuk industri Chlor Alkali Plant. 
  • Ethylene Dichloride (EDC).
  • Resin Polivinil Klorida (PVC).

Garam Industri ini juga memiliki manfaat menjadi salah satu bahan pemutih (soda kostik) yang ada dalam industri kertas, Industri farmasi, cairan infus, health care, sebagai cairan untuk cuci ginjal dan pure analysis.

Sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam pengeboran minyak yang berfungsi sebagai penguat struktur, pembuatan uap yang merupakan manfaat dari garam Industri ini. Bahan baku dalam industri makan untuk seasoning, biskuit, food & nugget. Water treatment sebagai bahan pelunak untuk air boiler, penyamakan kulit tekstil, resin dll.

Perbedaan Garam Laut Dan Garam Dapur

Perbedaan dari garam laut dan dapur umumnya adalah dari segi rasa, tekstur dan cara dalam membuatnya. Garam laut ini dalam produksinya melewati proses evaporasi dari air laut maupun berasal dari sebuah danau air asin.

Berbagai mineral dan komponen yang ada dalam garam laut itu akan bergantung dengan jenis air apa yang akan digunakan. Mineral – mineral tersebut yang nantinya akan memberikan sebuah warna dan juga rasa di garam laut sekaligus akan menentukan dari tekstur beserta kekerasan dari garam tersebut.

Sedangkan pada garam dapur merupakan hasil dari proses penambangan dan akan lebih mengalami proses yang jauh lebih panjang supaya memperpanjang daya simpannya. Ciri garam Industri dapur ini umumnya mengandung adiktif  supaya dapat mencegah garam agar tidak mengalami penggumpalan.

Namun, garam dapur yang ada di pasaran sudah diberi tambahan yodium, zat gizi esensial yang akan lebih dapat menjaga fungsi dari tiroid. Meskipun banyak orang yang bilang garam laut lebih memiliki manfaat kesehatan, jika dibandingkan dengan garam yang dikhususkan di dapur.

Baik itu garam laut ataupun garam dapur mempunyai kualitas gizi yang hanya sama, sebagai salah satu contohnya adalah jika dalam bentuk dan berat yang sama, garam laut dan garam dapur memiliki kadar sodium yang tidak akan jauh berbeda.

Pada umumnya garam laut ini akan mempunyai harga yang jauh lebih mahal, jika dibandingkan dengan garam dapur. Hal itu disebabkan oleh karena garam laut itu lebih bersifat alami dan juga murni. Namun perbedaan tersebut tidak terlalu jauh, sehingga kedua garam tersebut masih berada dalam harga yang masih dapat dijangkau.