beli garam grosir
Berikut Manfaat Beli Garam Grosir Bagi Kecantikan
January 18, 2021
garam tepung
Manfaat Garam Tepung Bagi Kesehatan
January 18, 2021
garam bakso
garam bakso

garam bakso

Siapa yang tidak suka bakso? Makanan yang berasal dari daging sapi atau ayam dengan campuran tepung ini sering menjadi menu pilihan saat cuaca dingin. Rasanya yang enak juga membuat bakso jadi makanan favorit mayoritas rakyat Indonesia. Karena itu, penjualan bakso sangat jarang sekali mengalami sepi pengunjung.

Rasanya yang enak membuat orang-orang penasaran untuk membuat sendiri menu favorit ini. Selain agar bisa menekan pengeluaran untuk menikmati bakso, hal ini juga menjadi cara agar seseorang bisa berkreasi dengan makanan bakso ini. Nah, masalah apa yang biasa dihadapi saat membuat bola daging ini? Dan bagaimana caranya Anda dapat mengatasinya?

Tekstur Bakso yang Tidak Kenyal dan Cara Mengatasinya

Semua orang pasti setuju bahwa tekstur bakso mempengaruhi rasa bakso tersebut. Barangkali hal ini yang kurang mendapatkan perhatian bagi mereka yang mencoba membuat bakso. Tekstur bakso yang dimaksud adalah tingkat kekenyalan bakso tersebut. Nah, bagaimana caranya agar hal ini bisa diatasi? Yaitu dengan memilih Garam Bakso yang tepat.

Rupanya, rasa saja tidaklah cukup. Banyak produk penyedap rasa yang bisa dipilih untuk membuat rasa bakso menjadi sedap. Tapi, jangan lupakan tekstur atau tingkat kekenyalan bakso Anda. Jika Anda pernah merasakan bakso yang tidak kenyal atau bahkan terasa lembek, pasti Anda tidak memiliki keinginan untuk menambah lagi.

Itulah kenapa pemilihan Garam Bakso menjadi hal yang sangat penting. Kalau begitu, garam seperti apa yang perlu dipilih Dan kenapa garam  tersebut dipilih? Silakan simak penjelasan berikut ini dan perhatikan apakah garam yang ada di dapur Anda sudah sesuai atau belum.

Rupanya, garam yang tepat agar bakso memiliki tekstur yang kenyal dan padat adalah garam kasar. Kenapa garam kasar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tekstur bakso menjadi kenyal? Karena rupanya garam kasar memiliki kandungan Alkali yang cukup tinggi. Hal ini dapat memicu tekstur bakso menjadi lebih mengembang dan kenyal.

Tentu saja, jika Anda mengganti Garam Bakso Anda menjadi garam halus membuat bakso Anda menjadi beda teksturnya. Saat itu terjadi, bisa jadi Anda tidak ingin menambah porsi bakso Anda. Apakah garam kasar hanya berfungsi untuk membuat tekstur bakso menjadi kenyal saja? Tentu saja tidak. Mari sedikit berkenalan dengan garam kasar ini yang digadang-gadang menjadi garam yang paling cocok untuk membuat bakso.

Inilah Hal-hal Lain yang Perlu Anda Ketahui Soal Garam Kasar yang Cocok Jadi Garam Bakso Ini

Nama lain dari garam kasar adalah garam Kosher. Nama Kosher diambil dari Bahasa Ibrani atau bahasa nasional negara Israel yang berarti “layak”. Istilah “layak” ini merujuk pada kondisi daging yang sudah tanpa darah setelah ditaburi garam jenis Kosher sehingga daging tersebut sudah layak untuk dikonsumsi.

Jenis garam ini sangat populer di daerah Amerika Utara. Garam kasar atau garam Kosher ini biasa dipilih oleh para juru masak karena tingkat salinitas dari garam Kosher yang terbilang rendah. Hal ini perlu agar saat memasak daging, rasa daging tersebut tidak menjadi terlalu asin. Selain cocok menjadi Garam Bakso karena dapat mengenyalkan tekstur bakso, garam Kosher ini digunakan untuk proses yang biasa disebut sebagai koshering salt.

Apa itu proses koshering salt? Koshering salt adalah proses yang dilakukan para juru masak agar dapat menghilangkan sisa darah yang tersisa pada daging termasuk dengan cara merendam, membilas, dan juga menggarami. Hal ini persis seperti asal mula nama garam ini.

Dengan tekstur garam Kosher yang besar dan kasar membuat para juru masak dengan mudah mengambil garam Kosher dengan jari mereka dan menyebarkan pada permukaan daging. Hal itu juga yang membuat Garam Bakso ini disebut sebagai garam kasar. Selain itu, apa lagi manfaat dari garam Kosher ini? Rupanya garam Kosher ini memiliki banyak manfaat, berikut manfaat-manfaatnya.

  1. Sebagai Penambah Rasa Asin Tapi Minim Kandungan Sodium

Berapa kandungan sodium pada garam kasar atau Kosher ini? Kandungan Sodium pada garam ini hanya 1.120 mg dalam takaran satu sendok teh. Bandingkan dengan garam dapur yang dapat mencapai 2.325 mg  Sodium, sebuah angka perbandingan yang cukup jauh, yaitu hampir dua kali lipat.

Kandungan Sodium yang minim ini diperlukan bagi penderita penyakit ginjal, diabetes dan hipertensi yang mana hanya boleh mengonsumsi Sodium kurang dari 1.500 mg per hari. Dengan begitu, garam Kosher ini selain bermanfaat menjadi Garam Bakso, juga bisa menjadi garam untuk kesehatan.

  1. Menjadi Bahan Pengganti Sabun Cuci Peralatan Dapur

Siapa sangka bahwa bahan bumbu masakan ini juga dapat menjadi bahan pengganti sabun cuci? Dengan permukaan atau tekstur yang kasar membuat garam Kosher efektif menghilangkan sisa-sisa minyak pada peralatan masak, khususnya panci. Garam Kosher ini menjadi bahan alternatif yang tepat karena juga tidak meninggalkan bekas residu.

Nah, itulah manfaat garam bakso atau garam Kosher yang perlu anda ketahui.

Comments are closed.