Garam Meja

Kebutuhan Garam di Indonesia
April 4, 2020
Jual Garam Meja
July 16, 2020

Banyak dari kita yang mungkin berpikir bahwa garam meja sama dengan garam dapur. Sebelum kita melihat perbedaannya, kedua jenis garam ini sebenarnya memiliki kesamaan. Yaitu kandungan nilai gizi yang sama, dan kandungan NaCl (sodium klorida) juga memiliki jumlah yang sama.

Lalu apa perbedaannya ? Perbedaannya adalah dalam proses pembuatan. Garam dapur dihasilkan melalui proses sederhana yaitu dari penguapan atau evaporasi air laut. Garam yang dihasilkan mempunyai tekstur yang lebih kasar, namun dianggap lebih alamiah karena proses pembuatannya yang sederhana.

Garam meja adalah proses hasil penambangan dari dalam tanah dan untuk menghilangkan kandungan mineral lain yang ikut bersamanya, dilakukan proses yang lebih rumit. Tekstur yang dihasilkan lebih halus, dan mudah larut dalam air. Agar komposisinya menyerupai garam laut, biasanya ditambahkan zat gizi lain pada garam meja.

Penggunaan garam meja banyak digunakan untuk mengawetkan makanan, sebagai bumbu penyedap, digunakan untuk makanan cepat saji dan makanan yang diproses.

Sebagai orang awam, garam banyak dikenal mengandung yodium yang baik bagi tubuh. Karena kekurangan yodium, dapat menyebabkan gondok alias kelenjar tiroid yang membesar.

Namun selain hal tersebut, garam juga mempunyai manfaat lain yang mungkin sebagian dari kita belum mengetahuinya.

Manfaat garam dalam kehidupan diantaranya adalah :

Meredakan Sakit Tenggorokan

Seperti yang sudah disebutkan di pembukaan tadi, berkumur larutan air hangat dan garam 2 hari sekali, dapat membunuh kuman atau bakteri dalam mulut. Cara ini juga bisa meredakan sakit tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus.

Menjaga Kebersihan Gigi & Mulut

Rajin berkumur air garam juga dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut. Mencegah tumbuhnya karang gigi, selain rajin menggosok gigi tentunya. Jika anda termasuk salah satu orang yang mudah sariawan, berkumur larutan garam juga dapat meringankan nyeri pada sariawan dan mengurangi bengkak pada gusi.

Menjaga Kebersihan Bagian Tubuh Yang Luka

Selain mampu memberikan rasa pada masakan atau makanan, larutan air garam meja juga bisa membersihkan area tubuh yang luka. Caranya juga sangat mudah, hanya perlu membasahi kain atau kassa dengan larutan air garam, lalu usap lembut ke kulit yang terluka.

Jangan gunakan air yang terlalu panas saat melarutkan garam untuk membersihkan luka. Karena akan membuat area kulit yang halus terbakar saat diusapkan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, larutan garam dengan air hangat juga berguna bagi kecantikan wajah. Dapat menghilangkan jerawat dan komedo karena mineral pada garam memang dibutuhkan kulit ketika sel kulit mengalami kerusakan. Kulit wajah terlihat lebih cerah karena garam dapat menghilangkan kotoran dan membunuh kuman.

Selain jenis garam meja dan garam dapur, juga terdapat jenis garam lainnya seperti garam konsumsi, garam laut, garam kosher, garam Himalayan Pink. Garam kosher dan garam Himalayan Pink tidak mengandung yodium walaupun keduanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan.

Pilihan garam memang banyak, namun tergantung kebutuhan anda saat menggunakannya. Sangat disarankan untuk menggunakan garam yang mengandung yodium, agar tubuh tidak mengalami kekurangan yodium. Dan tentu saja, pemakaian garam dalam kehidupan sehari hari juga tidak perlu berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan pasti akan ada efek samping bagi kesehatan tubuh.

Informasi mengenai garam, jenis dan perbedaannya dapat dilihat di website kami yang membahas garam industri dan semoga dapat membantu dalam menentukan jenis garam yang ingin digunakan.

Comments are closed.