Jual Garam Meja

Garam Meja
July 16, 2020

Apakah anda mengetahui berapa banyak jenis garam yang ada ? Selain di pasaran ada jual garam meja, namun ada beberapa jenis garam lain yang juga terdapat di pasar dan toko. Apa saja jenisnya ?

  1. Garam Meja

Dengan kandungan Natrium klorida murni alias 97% lebih tinggi dibanding lainnya, garam ini mungkin yang paling banyak dikenal masyarakat pada umumnya. Selain fungsinya sebagai bumbu dalam masakan, juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Dengan kebutuhan yang tinggi, bisnis jual garam meja juga banyak terdapat di pedagang eceran atau toko besar. Garam meja memiliki tekstur yang halus dan ditambahkan agen anti – caking untuk mencegah penggumpalan.

  1. Garam Laut

Garam ini juga mengandung natrium klorida yang sama dengan garam meja, namun mempunyai kandungan mineral  yang lebih sedikit. Diantaranya zat besi, seng, dan kalium. Diproses dengan cara penguapan air laut, alias proses alami. Namun karena murni dari penambangan di laut, terkadang garam laut juga bisa tercemar oleh kandungan logam yang tinggi seperti timbal, karena pencemaran air laut. Semakin gelap warna garam yang dihasilkan, bearti semakin tinggi kandungan kotoran dan minera di dalam garam tersebut.

  1. Garam Himalaya

Garam jenis ini mungkin kurang dikenal atau belum cukup umum. Diambil dari penambangan garam terbesar ke dua di dunia yaitu di negara Pakistan, garam ini mempunyai warna merah muda yang dihasilkan dari kandungan zat besi di dalamnya. Mempunyai kandungan natrium yang lebih rendah, namun terdapat unsur mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti ; kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Garam ini juga dipercaya dapat mengurangi kram otot, karena kandungan mineral tersebut.

  1. Garam Kosher

Garam kosher tidak mempunyai kandungan yodium dan agen anti – caking seperti yang terdapat di dalam garam meja. Teksturnya seperti Kristal kasar dan mudah menggumpal.

  1. Garam Celtic

Jenis garam ini mempunyai warna ke abu – abuan, sehingga disebut juga grey salt. Mempunyai kandungan natrium yang juga lebih rendah jika dibandingkan dengan garam meja, dan kandungan air yang sedikit sehingga tetap lembap. Karena mempunyai sifat basa, garam ini juga bisa mengurangi kram otot.

Nah, setelah mengetahui beberapa jenis garam yang ada, bagaimana menurut anda ? Untuk kebutuhan sehari – hari memang banyak di jual garam meja, sebagai bumbu pokok yang wajib ada di dapur. Sebagian orang mungkin juga masih menggunakan garam laut karena rasanya yang lebih kuat sebagai bumbu masakan. Ketiga jenis lainnya seperti garam kosher, celtic dan garam Himalaya, yang belum cukup familiar, saat ini masih sebagai pelengkap bagi sebagian orang atau industry makanan.

Selain kandungan yodium yang bermanfaat bagi tubuh, garam juga mempunyai fungsi lain bagi kesehatan tubuh. Contohnya : sebagai obat kumur saat mengalami sariawan. Cukup dilarutkan dalam segelas air hangat, dan berkumur, maka dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan mulut.

Larutan garam dan air hangat juga bisa membantu membersihkan wajah dari jerawat atau kotoran yang menempel. Selain itu juga bisa digunakan untuk membersihkan luka luar, karena kandungan mineral didalamnya yang baik bagi kulit.

Jangan lupa untuk menggunakan garam dengan tidak berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan akan mempunyai efek samping bagi kesehatan tubuh.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengenal kenis – jenis garam yang dijual di pasaran.

Comments are closed.