Beragam Manfaat Garam Konsumsi Untuk Kesehatan

Penggunaan Garam Untuk Pakan Ternak Sesuai Kebutuhan
November 17, 2019
Garam Aneka Pangan Untuk Makanan Sehat
November 23, 2019

Garam konsumsi merupakan garam yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai campuran pada makanan yang dimasak dalam rumah tangga. Tanpa garam, semua jenis masakan rumahan akan terasa hambar. Garam sangat berperan penting memberikan rasa dan kenikmatan. Tanpa garam makanan jenis apapun tidak akan terasa nikmat. Setiap rumah tangga sangat membutuhkan keberadaan garam, yaitu garam konsumsi.

Selain hanya dikonsumsi sebagai penyedap rasa, garam konsumsi juga harus memiliki kelayakan atau syarat sebagai garam yang dikonsumsi sehari-hari oleh manusia. Garam yang dikonsumsi sehari-hari oleh manusia hanya diperbolehkan garam yang mengandung Iodium atau garam beryodium. Sebagai garam konsumsi garam yang dikonsumsi sehari-hari  wajib harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) antara lain mengandung yodium sebesar 30-80 ppm (Depkes RI). Sehingga masyarakat Indonesia terpenuhi kebutuhannya akan zat iodiumnya, untuk menghindari berbagai jenis penyakit.

Mengkonsumsi garam berupa garam konsumsi yang mengandung yodium  sangat bermanfaat sebagai saranan pembuangan racun dari dalam  tubuh. Garam konsumsi  dapat dimanfaatkan untuk pengeluaran racun dalam tubuh secara alami. Selain itu garam juga membantu tubuh manusia tidur lebih nyenyak. Karena kadungan mineral dalam garam dapat mengurangi hormon stress sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih rileks. Berikut ini manfaat lain ketika kita mengkonsumsi garam konsumsi yang mengandung yodium dalam takaran yang tepat :

*Menjaga fungsi kelenjar tiroid.

Garam konsumsi yang mengandung yodium akan mampu membantu mempercepat pembakaran energi yang masuk ke tubuh, serta dapat memproduksi manfaat protein untuk tubuh, juga mengatur dan menghasilkan pembentukan hormon dalam tubuh manusia, sehingga dapat terus menjaga fungsi kelenjar tiroid.

*Mencegah penyakit gondok.

Garam konsumsi yang tidak mengandung yodium, jika dikonsumsi terus menerus, maka kebutuhan tubuh akan zat yodium tidak terpenuhi, sehingga kelenjar tiroid manusia akan mengalami pembengkakan, dan menyebabkan penyakit gondok yang ditandai dengan munculnya benjolan yang besar pada bagian leher.

*Mencegah timbulnya keterbelakangan mental.

Garam konsumsi yang mengandung yodium diketahui dapat membantu proses perkembangan mental dan kecerdasan seseorang. Biasanya, penderita keterbelakangan mental memiliki ciri-ciri, nilai IQ yang rendah, kesulitan bersosialisasi, dan beraktivitas secara normal, dan memiliki bentuk tubuh dan kepala yang mengalami kelainan.

*Perawatan kulit yang mengalami penyakit karena jamur

Garam konsumsi yang beryodium akan dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan karena jamur, seperti eksim, kudis, kurap, kutu air, dan kusta.

*Dapat membunuh kuman pada luka.

Garam konsumsi yang mengandung yodium jika diberikan pada luka terbuka, maka dapat menghindari infeksi secara cepat dan instan, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mengalami infeksi.

*Mencegah stroke

Manfaat lain dari garam konsumsi yang mengandung yodium adalah dapat adalah dapat mencegah stroke apabila dikonsumsi dengan kadar yang tidak berlebihan.

*Mencegah penyakit pada mata.

Garam konsumsi yang mengandung yodium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa penyakit mata yang dapat dicegah dengan asupan garam konsumsi yang beryodium yaitu rabun ayam, katarak, rabun dekat atau jauh, mata silinders serta dapat memperbaiki keadaan penglihatan mata yang menurun.

*Mencegah kanker payudara

Garam konsumsi yang mengandung yodium juga memiliki manfaat  mampu membantu Anda dalam mencegah kanker payudara.

 

Demikian ulasan kami tentang garam konsumsi, yaitu garam konsumsi yang mengandung yodium. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda memberikan informasi dan pengetahuan yang tepat tentang pentingnya  penggunaan garam konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih.

Comments are closed.