Penggunaan Garam Untuk Pakan Ternak Sesuai Kebutuhan

Pabrik Garam Industri di Surabaya
November 14, 2019
Beragam Manfaat Garam Konsumsi Untuk Kesehatan
November 20, 2019

Garam untuk pakan ternak merupakan mineral penting yang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Telah didefinisikan oleh para ahli bahwa mineral  merupakan zat  homogen dengan komposisi kimia tertentu,  yang memiliki  sifat – sifat tetap, dibentuk oleh proses  alam yang anorganik, serta  memiliki susunan atom yang teratur. Menyediakan garam untuk pakan ternak sudah merupakan sesuatu yang wajib dan harus disediakan dalam jumlah yang cukup baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal ini disebabkan kekurangan pakan secara kualitas akan menjadikan hewan ternak menjadi terhambat pertumbuhannya.

Memberikan pakan tanpa kualitas garam pada pakan ternak yang benar, secara nutrisi membuat hewan ternak tersebut berusaha makan sebanyak-banyaknya, terutama pada hewan sapi, sehingga hanya akan membuat rumen tambah membesar tetapi kondisi badan tidak gemuk. Jagal sapi biasanya tidak menerima sapi dengan perut besar, karena memberikan indikasi persentase karkas yang buruk. Sehingga daging sapi yang diperjualbelikan menjadi tidak berkualitas.

Garam (NaCl) ini memang sangat diperlukan oleh hewan ternak. Peternak harus selalu menyediakan garam untuk pakan ternak dikandang setiap saat. Agar hewan ternak tidak kekurangan mineral. Adapun faktor yang menjadi penyebab ternak kekurangan mineral antara lain akibat dari kurangnya kandungan mineral pada pakan ternak yang disediakan. Hal ini diakibatkan oleh tanah tempat tumbuhnya tumbuhan hijauan untuk ternak tersebut hanya mengandung sedikit unsur mineral sehingga hanya sedikit yang bisa diserap oleh tanaman yang di berikan untuk ternak. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat atau kegunaan garam untuk pakan ternak atau mineral yang diberikan pada hewan ternak :

*Membantu pembentukan Vitamin.

Garam untuk pakan ternak berfungsi sebagai mineral penting bagi tubuh ternak. Apabila tidak ada mineral vitamin tidak akan berfungsi dengan sempurna karena salah satu fungsi mineral adalah membantu pembentukan vitamin dalam tubuh ternak. Jadi akan sangat sia-sia jika memberikan vitamin untuk ternak, namun kebutuhan mineral ternak tidak cukupi.

*Membantu Pembentukan Enzim.

Garam untuk pakan ternak berfungsi juga untuk membantu pembentukan enzim dalam tubuh ternak. Seperti halnya vitamin, enzim pun membutuhkan mineral untuk bisa terbentuk.

*Mencukupi Kebutuhan Mineral.

Garam untuk pakan ternak membantu mencukupi kebutuhan mineral pada hewan ternak. Hewan ternak bisa mengatasi atau mentolerir kekurangan vitamin dalam waktu yang relative lama, namun tidak untuk kekurangan mineral. Hal ini disebabkan fungsi mineral yang sangat penting. Hal ini terkadang tidak dipahami dan tidak boleh dianggap remeh oleh peternak maupun orang-orang yang terlibat dalam dunia peternakan.  Dikarenakan kebutuhan mineral yang memang tidak sebanyak kebutuhan nutrisi.

Pemberian mineral yang cukup pada hewan ternak melalui garam untuk pakan ternak diharapkan akan memberikan pengaruh yang besar pada ternak, seperti pertambahan bobot badan, dan meningkatkan efisiensi pada pakan ternak tersebut dan meningkatkan ketahanan terhadap penyakit dan stress pada hewan ternak, memperbaiki sistem reproduksi pada ternak sehingga ternak bisa bereproduksi sesuai potensial genetiknya, serta  meningkatnya karkas rendah lemah.

Karkas merupakan bagian tubuh ternak yang terdiri dari daging, tulang dan lemak tanpa kepala, darah, keempat kaki bagian bawah, kulit, bulu dan organ dalam kecuali ginjal. Setiap konsumen  pasti akan  mencari daging dengan kualitas yang baik. Pemberian mineral berupa garam untuk pakan ternak yang cukup pada hewan ternak  diharapkan mampu meningkatkan  keuntungan ekonomi bagi  para peternak.

Demikian ulasan kami tentang manfaat dan fungsi garam untuk pakan ternak. Semoga  artikel ini dapat bermanfaat menambah wawasan Anda mengenai pentingnya garam untuk pakan ternak.

Comments are closed.