Menggunakan Garam Industri Sesuai Kebutuhan

Supplier Garam Industri
January 30, 2019
pabrik garam industri
Pabrik Garam Industri di Indonesia
March 9, 2019
Menggunakan Garam Industri

garam industri

Menggunakan Garam industri pada umumnya digunakan sebagai bahan baku maupun bahan penolong bagi industri lain. Garam industri memiliki NaCl minimal 97%. Khusus untuk industri pangan, kadar Ca dan Mg < 600 ppm. Harga garam industri cukup kompetitif dan jaminan pasokan secara berkesinambungan.

Garam industri juga harus memenuhi persyaratan kualitas industri aneka pangan, industri petrokimia, dan lain-lain. Garam industri memiliki standar dan klasifikasi tersendiri.

Banyak manfaat penting dari garam industri yaitu

Menggunakan Garam industri yang diperuntukan sebagai bahan baku industri Chlor Alkali Plant (CAP), Ethylene Dichloride (EDC), Resin Polivinil Klorida (PVC).

Selain itu garam industri juga bermanfaat sebagai bahan pemutih (soda kostik) pada industri kertas, bahan baku industri farmasi dan kosmetik untuk cairan infus, cairan cuci ginjal, pure analysis, health care.

Garam industri juga sebagai bahan pada pengeboran minyak untuk penguatan struktur dan pembuatan uap juga merupakan salah satu manfaat dari garam industri.

Manfaat garam industri lainnya yaitu, sebagai bahan baku pada industri pangan untuk seasoning, food dan nugget, biskuit. Sebagai bahan water treatment untuk pelunakan air boiler, sebagai bahan pada industri penyamakan kulit, tekstil, resin, dan lain-lain. Garam industri memang sangat dibutuhkan beraneka industri

Namun yang harus diingat garam industri bukan untuk di konsumsi langsung sehari- hari, tetapi menjadi bahan penolong untuk memproduksi industri lain. Lalu apa yang akan terjadi jika garam industri kita konsumsi ?

Ini adalah hal yang berbahaya. Garam industri mengandung banyak logam berat dan hanya sedikit atau hampir tidak ada mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga, jika kita mengkonsumsi garam industri, tubuh kita tidak akan mendapatkan mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh. Dengan begitu tubuh akan memberikan sinyal untuk mengkonsumsi lebih banyak garam lagi. Pada jangka panjang, konsumsi garam industri akan menyebabkan penumpukan zat logam berat di tubuh. Dan penumpukan logam berat di dalam tubuh tersebut akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti:

*Pusing

*Masalah kulit

*Disfungsi organ

*Otot keram

*Muntah-muntah

*Bahkan bersifat karsinogen (dapat menyebabkan kanker),

dll.

Hal tersebut karena sesuai dengan definisi sebelumnya, bahwa garam industri di sini adalah garam yang khusus dipakai untuk pabrik-pabrik kimia (Garam Grade Industri).

Sekarang, istilah ‘Garam Industri’ juga bisa berarti garam konsumsi yang sudah dikemas untuk keperluan industri. Kemungkinan besar menggunakan garam konsumsi yang sudah dikemas dalam kemasan industri (biasa nya dalam karung).

Industri memang merupakan sektor yang mendominasi dalam penggunaan garam yaitu garam industri sebagai bahan baku proses produksinya.

Comments are closed.