Mengenal Pabrik Garam Tertua Di Indonesia

Jual Garam Beryodium Untuk Kesehatan
March 18, 2019
Mengetahui Tempat Jual Segala Macam Garam
March 20, 2019

Garam di Indonesia diproduksi oleh petani garam dan PT Garam (Persero) yang merupakan pabrik garam tertua yang dimiliki oleh Indonesia.  Proses produksi garam oleh petani garam dilakukan dengan cara proses penguapan air laut pada meja-meja kristalisasi yang dilakukan secara total (penguapan air dilakukan dalam satu areal kristalisasi) sehingga hanya diperoleh garam dengan kadar NaCl yang rendah dan mengandung kadar Ca dan Mg yang relatif tinggi serta cenderung kotor (impuritis tinggi).

Produksi garam dari pabrik garam tertua yaitu PT. Garam (Persero) ini, dilakukan dengan cara pengolahan bertingkat yang mana proses penguapan air laut dilakukan di areal evaporator dan proses pengkristalan dilakukan di areal kristalisasi sehingga memperoleh garam yang berkualitas.

PT.Garam (Persero) itu sendiri adalah sebuah perusahaan BUMN yang bergerak dibidang produksi garam di Indonesia. PT.Garam merupakan perusahaaan atau pabrik garam tertua di Indonesia. PT Garam didirikan berdasarkan PP No. 12 Tahun 1991, tentang Perubahan Status dari Perum (Perusahaan Umum) menjadi Perusahaan Persero (PT Persero) Garam.

  1. Garam atau pabrik garam tertua ini telah memproduksi dan memasarkan garam untuk bahan baku industri dan garam olahan untuk konsumsi. Pabrik garam tertua di Indonesia ini memiliki :

Misi : *Meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi garam bahan baku & garam olahan. *Pendampingan usaha Petani Garam Rakyat. Melakukan diversifikasi produk.

Visi : Mewujudkan kedaulatan garam nasional yang memberi nilai tambah bagi stakeholder.

Untuk diketahui, pabrik garam tertua yaitu PT. Garam adalah satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi garam. Saat ini, lahan garam milik BUMN ini, untuk memproduksi garam mengandalkan para petani garam lokal yang berada di tiga kabupaten di Pulau Madura yakni Sumenep, Pamekasan dan Sampang.

Pabrik garam Indonesia ini mengawali usahanya berawal dari pertanian di ladang-ladang garam secara tradisional. Dan industri garam di Indonesia terus berkembang, hingga saat ini menjadi salah satu bidang industri yang memberi penghidupan bagi banyak masyarakat di seluruh Indonesia. Hal ini disebabkan oleh tingkat kebutuhan garam di Indonesia sendiri.

Dari material awal, yaitu garam kasar (krosok), industri pabrik garam tertua  di Indonesia ini telah memproduksi berbagai jenis garam untuk memenuhi berbagai keperluan akan garam, baik untuk kebutuhan rumah tangga, maupun kebutuhan industri, peternakan dan pertanian.

Kualitas garam pada pabrik garam tertua di Indonesia ini seringkali belum maksimal, ketidakstabilan harga garam, proses produksi yang masih bersifat tradisional, dan persaingan dengan komoditi garam dari luar negeri merupakan hal yang menjadi masalah dari sekian banyak masalah garam di Indonesia.

Hal inilah yang harus terus dibenahi dan disempurnakan. Dan untuk mencapai target produksi perseroan pabrik garam tertua di Indonesia tersebut telah menggunakan teknologi geomembran pada meja kristalisasi atau lahan yang khusus untuk memproduksi garam seluas 225 hektar.

Dengan teknologi tersebut akan mempercepat masa panen dan selanjutnya meningkatkan produksi garam di meja kristalisasi. Penerapan teknologi geomembran yang diterapkan oleh pabrik garam tertua di Indonesia tersebut akan ditunjang dengan kondisi kemarau yang berjalan normal, sehingga akan membuat target produksi garam tercapai. Dan industri garam Indonesia mampu menjadi pilihan utama bagi seluruh lapisan masyarakat.

Demikian ulasan tentang pabrik garam tertua di Indonesia. Semoga ulasan tersebut membantu anda memahami tentang adanya pabrik pengelola garam tertua di Indonesia.

Comments are closed.