Memilih Garam Konsumsi Yang Baik Untuk Kesehatan

Supplier Garam Industri Dan Kebutuhan Garam Industri
October 16, 2019
Memenuhi Kebutuhan Garam Industri Melalui Distributor Garam Industri
October 31, 2019

F2BYKB Maldon sea salt on wooden spoon

F2BYKB Maldon sea salt on wooden spoon

Garam konsumsi merupakan garam yang dikonsumsi oleh manusia sehari-hari, yang dipakai sebagai penyedap rasa, dan yang biasa dikonsumsi bersama-sama dalam sebuah makanan atau minuman. Dalam kehidupan sehari-hari, garam konsumsi sangat diperlukan dalam setiap menu makanan, yaitu membuat makanan menjadi lebih nikmat dan dapat dikonsumsi secara teratur oleh manusia.

Garam konsumsi yang layak dikonsumsi sehari-hari oleh manusia adalah garam yang mengandung Iodium atau garam beryodium. Garam yang telah diperkaya dengan yodium  sangat bermanfaat banyak bagi tubuh manusia. Garam industri yang beryodium digunakan dapat diolah menjadi garam konsumsi untuk masyarakat Indonesia sehari-hari yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) antara lain mengandung yodium sebesar 30-80 ppm (Depkes RI).

Garam konsumsi yang mengandung yodium adalah penyampai zat yodium bagi tubuh manusia  untuk mengatasi penyakit gondongan dan kretin endemic yang menjadi salah satu masalah gizi utama di Indonesia. Garam konsumsi digunakan untuk memasak dan keperluan rumah tangga. Garam konsumsi memiliki NaCl minimal 94% dan harus memenuhi persyaratan kualitas sebagai  garam konsumsi. Dan standar ini sudah dapat dipenuhi oleh petani lokal Indonesia.

Beberapa manfaat garam konsumsi untuk kesehatan tubuh kita adalah membantu sistem pencernaan. Garam konsumsi yang mengandung yodium dipercaya dapat membantu sistem pencernaan karena garam bisa merangsang enzim pencernaan klorida dan protein yang membantu pencernaan.

Garam konsumsi yang beryodium juga sangat bermanfaat sebagai detokfisasi bagi tubuh. Air garam dapat dimanfaatkan untuk pengeluaran racun dalam tubuh secara alami. Selain itu garam juga nembantu membuat tidur manusia lebih nyenyak, hal tersebut disebabkan  kandungan mineral garam yang mengurangi hormon stress sehingga membuat tubuh manusia menjadi lebih rileks.

Garam konsumsi yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat menurunkan berat badan. Apabila tubuh  seseorang yang memiliki banyak kandungan garam, maka nafsu makan akan berkurang. Mineral kromium, sulfur dan yodium dalam garam konsumsi juga mampu meningkatkan metabolisme kulit. Sehingga dapat memperbaiki kondisi kulit menjadi lebih sehat.

Manfaat garam konsumsi yang lainnya adalah untuk menjaga agar tubuh memiliki keseimbangan elektrolit. Dengan menambahkan air garam maka konsentrasi elektrolit pada tubuh dapat terjaga.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan setiap orang dapat mengonsumsi garam konsumsi yang beryodium secara tepat, yaitu tidak lebih dari 5 gram per hari. Karena kekurangan konsumsi garam dapat mengakibatkan gangguan pada beberapa sistem organ tubuh. Namun mengonsumsi secara berlebihan juga tidak baik.

Demikian artikel kami tentang garam konsumsi untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memberikan informasi yang tepat tentang berbagai manfaat dan pentingnya penggunaan garam konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih.

 

 

Comments are closed.