Manfaat Garam Industri Dalam Dunia Perindustrian

distributor garam beryodium
September 17, 2019
Jual segala macam garam
September 24, 2019
Manfaat Garam Industri

Manfaat Garam industri sangatlah beragam sebab garam ini merupakan suatu garam berkualitas “industrial grade” yang dibutuhkan untuk berbagai jenis industri, yang dipasok atau dipasarkan serta digunakan konsumen sebagai bahan baku maupun sebagai bahan penolong bagi industri.  Garam industri biasanya dipasok atau dipasarkan oleh pabrik, supplier atau distributor garam khusus industri yang  digunakan untuk berbagai kebutuhan industri-industri di Indonesia. Garam industri adalah jenis garam yang memiliki spesifikasi dan harus memiliki syarat NaCl minimal 97%. Dan khusus untuk  industri pangan garam industri yang digunakan harus memiliki kadar Ca dan Mg < 600 ppm.

Garam industri adalah salah satu kebutuhan penting bagi industri di indonesia. Garam industri merupakan penunjang yang sangat dibutuhkan dalam sebuah produksi industri-industri dalam sebuah pabrik atau perusahaan industri. Untuk itu kebutuhan garam industri sangatlah tinggi, agar dapat  mencukupi kebutuhan industri-industri. Sehingga produsen garam industri merupakan  penunjang setiap industri di Indonesia dan diharapkan agar secara konsisten dapat memasok atau mendistribusikan garam industri ke   berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu garam industri juga bermanfaat banyak dalam berbagai bidang industri. Kurang lebih sekitar 40% hasil olahan garam di dunia digunakan pada proses industri. Berikut ini berbagai manfaat garam industri, yang pada umumnya sama dan biasa digunakan pada bidang industri di seluruh dunia:

*Garam Industri Pada Bidang Industri Kimia.

Garam industri pada bidang industri kimia sangat penting yaitu merupakan bahan baku kimia yang nantinya akan diubah menjadi klorin dan soda abu, serta dasar-dasar kimia anorganik. Garam industri dijadikan sebagai bahan baku dalam berbagai industri seperti untuk industri kimia chlor-alkali, seperti minyak untuk industri petrokimia. Garam industri untuk bahan baku kimia klorin ini juga nantinya digunakan untuk menghasilkan air bersih, sabun dan deterjen, obat, pipa PVC untuk rumah kita, ponsel, kosmetik, baju pelindung bagi para penyelam SCUBA dan astronot, kamera digital, TV panel datar, mikroskop elektron, panel surya untuk produksi energi, tekstil manufaktur, kaca, karet, kulit, bahkan sampai untuk bahan pengeboran sumur minyak.

*Garam Industri Pada Bidang Industri Aneka Pangan.

Sedangkan dalam industri makanan, yang biasa disebut garam industri aneka pangan gara berfungsi sebagai penambah cita rasa, penguat aroma, serta sebagai bagan pengawet pada makanan.

*Garam Industri Pada Bidang Peternakan.

Bidang perternakan garam industri digunakan untuk menjaga kesehatan dan menunjang seluruh kebutuhan pangan hewan-hewan ternak. Hewan memiliki nafsu makan pada sumber makanan yang memiliki kandungan natrium klorida daripada senyawa lain yang ada di alam kecuali air. Dan dalam hal ini garam industri yang diolah, akan menjadi suplemen penting bagi diet bergizi seimbang untuk hewan. Jadi garam industri dalam bidang perternakan adalah untuk meningkatkan nafsu makan hewan, dan untuk menjaga keseimbangan gizi hewan.

*Garam Industri Pada Bidang Pertanian.

Garam industri pada bidang pertanian dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk, yaitu kandungan garam di dalam pupuk dapat menambah unsur hara pada tanaman. Dan kandungan magnesium yang terdapat pada garam industri untuk pupuk merupakan salah satu unsur penyusun klorofil (zat hijau daun). Jika tanaman kekurangan magnesium, daun akan berwarna kekuningan sehingga mengurangi aktivitas fotosintesis tanaman. Selain itu, magnesium dalam garam industri untuk pupuk tanaman juga berfungsi untuk mengaktifka enzim-enzim transfosforilare, dehidrogenase, karboksilase, dan memegang peranan utama dalam proses transformasi fosfat dalam tanaman. Intinya adalah garam industri dalam bidang pertanian memang dimanfaatkan atau digunakan sebagai pupuk.

Demikianlah ulasan dan informasi yang kami sampaikan tentang garam industri dan beberapa manfaat penting  dari keberadaan garam industri dalam berbagai bidang industri yang pada umumnya sama di dunia. Kami berharap ulasan kami ini dapat  bermanfaat bagi Anda.

Comments are closed.