Perbedaan Komposisi Garam Industri dan Garam Konsumsi

Manfaat Garam Dalam Kehidupan
April 4, 2020
Kebutuhan Garam di Indonesia
April 4, 2020
garam industri

garam industriDi artikel sebelumnya, sudah dijelaskan sebagian dari manfaat garam dalam kehidupan. Pada kesempatan ini, ada baiknya mengenal lebih banyak tentang garam industri, dan apa perbedaannya dengan garam konsumsi secara komposisi.

Selain kandungan bermanfaat pada garam yang baik bagi tubuh, komposisi pada garam yang memang bisa dikonsumsi dalam kebutuhan pangan, adalah unsur mineral seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), dan natrium klorida (NaCl).

Definisi garam industri adalah garam yang sebagai bahan mentah untuk industri kimia. Dan juga tidak bisa dikonsumsi secara langsung atau tidak langsung.

Jadi jangan beranggapan semua garam sama, karena pada dasarnya ada perbedaan secara komposisi dan definisi. Namun salah satu persamaan antara garam konsumsi dan garam untuk industri adalah sama – sama mengandung sodium klorida (NaCl), sebagai komposisi utama.

Perbedaan secara komposisi pada garam konsumsi adalah, selain mengandung sodium klorida, garam ini juga mengandung mineral lain seperti  iodium dan magnesium, yang sangat berguna bagi tubuh. Banyak digunakan untuk membuat rasa makanan menjadi lebih enak, dan juga mengawetkan makanan.

Sementara pada garam industri, hanya mengandung sodium klorida, karena komposisi mineral lainnya tidak digunakan untuk diproses ke tahap berikut. Contoh kegunaan garam industri selain digunakan untuk kebutuhan industri farmasi, kosmetik, tekstil dan lain sebagainya, untuk negara yang ada musim dingin, garam industri digunakan untuk menurunkan titik beku di jalan. Sehingga  jalan – jalan akan sulit untuk membeku saat musim dingin, setelah ditaburi garam industri.

Bagaimana dengan garam yang digunakan pada industri makanan seperti kerupuk, bumbu, dan lain – lain ? Garam food grade yang digunakan untuk industri makanan pada dasarnya sama dengan garam konsumsi. Namun secara kemasannya, dibuat kemasan besar atau kemasan untuk industri.

Garam industri juga banyak mengandung unsur logam berat, hampir tidak ada unsur mineral lain yang bermanfaat bagi tubuh. Itu sebabnya garam ini tidak bisa digunakan secara langsung dan tidak langsung, dan dapat memberikan efek buruk apabila dikonsumsi tubuh.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang perbedaan garam konsumsi dan garam industri secara komposisi.

 

 

Comments are closed.