Garam Konsumsi Untuk Kesehatan Tubuh

Garam Industri Mendorong Dunia Industri di Indonesia
Garam Industri Mendorong Dunia Industri di Indonesia
January 9, 2019
Jenis-Jenis Garam Industri
Jenis-Jenis Garam Industri Dan Kategori Industri
January 11, 2019

Garam adalah sesuatu yang luar biasa.Sebuah bagian penting  dari yang dibutuhkan semua makhluk hidup di bumi baik manusia,tumbuhan maupun hewan.Garam adalah elemen paling penting untuk pengawet makanan.Manfaat  garam dalam jumlah yang tepat memiliki peran dalam menjaga kesehatan . Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi garam berlebihan memiliki dampak buruk bagi tekanan darah. Namun menghilangkan garam dari makanan  kita bukanlah hal yang baik pula. Mengingat banyaknya manfaat  garam bagi tubuh kita.Garam memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita,terutama garam yang mengandung yodium.Garam yang mengandung yodium disebut sebagai garam konsumsi.

Garam konsumsi diproduksi menurut  standar pemerintah dengan kadar NaClnya paling sedikit 94,7 % s.d 97 %.Pesyaratan oleh Kemenkes RI, salah satunya adalah garam konsumsi harus mengandung  yodium.Garam konsumsi digunakan untuk memasak dan keperluan rumah tangga,dikonsumsi bersama-sama dalam makanan dan minuman. Garam konsumsi sebagai pengantar zat yodium ke dalamtubuh manusia untuk menanggulangi penyakit gondongan dan kretin endemic  yang merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia.Berikut adalah manfaat  garam konsumsi atau garam yang mengandung  yodium :

  • Mencegah gangguan perkembangan.

Kekurangan garam bisa berdampak buruk bagi ibu hamil.Kurangnya yodium mengakibatkan gangguan pada janin. Yaitu mempengaruhi kurangnya perkembangan otak  dan bisa menyebabkan gangguan mental serta fisik.

  • Memelihara kadar keseimbangan jaringan tubuh.

Garam bisa membuat seseorang bisa berkeringat  dan menjaga suhu tubuh tetap normal serta terhindar dari dehidrasi.

  • Memelihara fungsi organ tubuh.

Natrium dalam garam berperan dalam pengiriman impuls saraf dari otak ke seluruh tubuh dan koordinasi jaringan otot.

  • Mencegah IQ rendah.

Yodium sangat penting pada tahun-tahun pertama kehidupan, terutama usia 3-5 tahun. Penelitian menyebutkan bahwa anak yang kekurangan garam beryodium  memiliki IQ (Intellengence Quotient )  yang lebih rendah.

  • Membantu sistem pencernaan.

Garam bisa merangsang enzim klorida dan protein yang membantu pencernaan.Sehingga garam sangat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan.

  • Sebagai detoxfikasi tubuh.

Air garam dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami.

  • Membuat tidur lebih nyenyak.

Kandungan mineral garam dapat mengurangi hormon stress , sehingga membuat tubuh lebih rileks.

  • Menurunkan berat badan.

Bila tubuh memiliki banyak kandungan garam, maka nafsu makan akan berkurang.

  • Meningkatkan metabolisme kulit.

Sulfur dan yodium dalam garam mampu memperbaiki kondisi kulit.

  • Menjaga keseimbangan elektrolit.

Dengan menambahkan air garam maka konsentrasi elektrolit dalam tubuh bisa terjaga.

Oleh karena itu sangat dianjurkan mengkonsumsi garam secara benar, yaitu tidak lebih dari 5 gram per.hari.Karena kekurangan konsumsi garam dapat menyebabkan gangguan pada beberapa organ tubuh. Jadi pastikan garamyang kita nikmati setiap hari adalah garam konsumsi yang sesuai standar pemerintah.Dan menkonsumsinya dengan takaran yang tepat sehingga tubuh kita senantiasa sehat.Karena terlalu banyak mengkonsumsi garam tentunya tidak baik dan juga menyebabkan banyak penyakit serius seperti darah tinggi, stroke dan lain-lain.Langkah terbaik adalah membatasi konsumsi garam sesuai dengan kebutuhan.Agar  tubuh tetap mendapatkan manfaatnya.

Comments are closed.