Cara Menjadi Distributor Garam

Distributor Garam di Jakarta
June 14, 2019
Distributor Garam Refina
June 18, 2019

Cara menjadi distributor garam layak diperhitungkan.Karena untuk memulai usaha dalam bidang penyediaan dan pemasaran garam yang disebut sebagai distributor garam, akan memberikan Anda peluang untuk menambah penghasilan Anda yang tidak biasa. Mengetahui cara berbisnis garam yaitu dengan cara menjadi distributor garam akan menghasilkan omset hingga ratusan juta rupiah pertahunnya. Hal ini dikarenakan garam merupakan bahan pokok yang digunakan dalam rumah tangga sebagai bahan tambahan perasa asin makanan.

Sehingga cara menjadi distributor garam layak Anda ketahui, karena kebutuhan manusia akan keberadaan garam masuk kedalam deretan kebutuhan pokok yang wajib ada di dapur. Kelangkaan garam yang beberapa saat lalu terjadi hampir diseluruh wilayah Indonesia dan menjadikan masyarakat dan pelaku usaha was-was.  Sedangkan kebutuhan garam setiap hari meningkat baik digunakan untuk rumah tangga berupa garam dapur maupun industri garam yang memproduksi garam kemasan beryodium serta industri makanan yang tentu membutuhkan garam untuk perasa.

Kondisi  kelangkaan garam  menjadi masalah yang sangat mengganggu, ditambah  dengan adanya permainan oleh para mafia garam sehingga keadaan semakin tidak baik.Namun di sisi lain, kebutuhan garam masyarakat dan para pengusaha berbagai industri yang tinggi membuka peluang  bagi bisnis garam yang menjanjikan, terutama dalam mendistribusikan garam ke wilayah yang jauh dari produksi garam dengan cara menjadi distributor garam.

Cara menjadi distributor garam  akan menjadikan suatu kesempatan ketika keadaan kelangkaan garam konsumsi di Indonesia. Disisi industri garam  lokal  kalah dengan import dari segi kualitas dan harga. Hasilnya garam lokal biasanya dibeli oleh industri garam yang memproduksi garam beryodium kemasan, seperti garam- garam dapur yang setiap hari kita jumpai dirumah menjadi berkurang. Sshingga hal ini menjadikan peluang usaha memproduksi garam beryodium semakin luas dengan adanya, Keppres No. 69/1994, bahkan menjadi peluang usaha  cara menjadi distributor garam.

Jika anda berdomisili di Jakarta, menjadi distributor garam di Jakarta akan menghantarkan Anda pada sebuah usaha yang menjadikan garam bukan lagi menjadi barang yang kecil dan tidak berarti, sehingga saat ini keberadaannya patut diperhitungkan. Kebutuhan akan garam beryodium juga semakin meningkat dipasaran. Dengan melihat kebutuhan garam  minimal satu keluarga paling sedikit mengkonsumsi 1 bungkus garam perminggunya. Kemudian, jika dikalikan  dalam satu bulan, maka minimal satu kelurga mengkonsumsi 4 bungkus garam. Jumlah ini merupakan jumlah minimal, artinya bisa lebih atau kurang. Sehingga Anda patut mempertimbangkan usaha cara menjadi distributor garam ini.

Kemudian jika dikalikan dengan jumlah keluarga yang ada di kelurahan tempat tinggal Anda. Hasilnya akan cukup mencengangkan bukan. Tentunya hal ini dapat dijadikan sebagai peluang untuk menjadi lahan bisnis bagi Anda, yaitu mengetahui bisnis cara menjadi distributor garam konsumsi beryodium. Sehingga Anda dapat memilih menjadi pelaku bisnis garam dengan menjadi distributor garam. Bagi Anda yang tertarik menjadi distributor garam, temukan cara menjadi distibutor garam yang tepat dan benar. Dan jika Anda para pemula yang tertarik untuk memulai bisnis garam beryodium, dengan cara menjadi distributor garam, berikut ini adalah  rangkuman cara menjadi diatributor garam :

  • Mersiapkan Modal Bagi Usaha Ini.

Tentu saja anda juga harus menpersiapkan ketersediaan modal dana yang memadai. Begitupun dalam memulai  bisnis garam beryodium ini. Oleh karena itu, jika memang modal yang Anda miliki masih  belum terlalu banyak jumlahnya lebih baik pilih menjadi distributor saja. Banyak keuntungan yang akan diperoleh dari menjadi distributor garam, diantaranya selain tidak memerlukan modal yang besar Anda cukup bekerjasama dengan pemasok garam skala besar. Tentunya jika Anda dipercaya Anda dapat menjalin kerja sama dan jika ada kekurangan modal Anda tetap bisa memperoleh barang.

  • Carilah dan pakailah Lokasi yang Strategis.

Lokasi yang strategis sangat penting untuk menjadi distributor, hal ini  akan memudahkan Anda dalam transportasi pengiriman barang menuju lokasi. Oleh karena itu, pilih lokasi yang dekat dengan jalan raya dan akses jalan yang mudah. Anda dapat menyewa sebuah ruko atau rumah yang akan dijadikan sebagai lokasi penyimpanan barang.

  • Menjalin Kerjasama dengan Supplier yang Terpercaya.

Cara menjadi distributor garam dan untuk dapat mendapatkan garam dengan kualitas dan harga terbaik tentunya Anda  harus menjalin kerjasama dengan supplier skala besar. Dengan demikian  Anda akan dapat memperoleh barang dan harga yang lebih murah. Sehingga keuntungan yang akan diperoleh juga tidak sedikit. Dalam bisnis ini, belum banyak pelaku bisnis skala besar yang berkecimpung. Oleh karena itu, Anda harus memilih supplier dengan hati-hati. Pastikan supplier yang  dipilih jelas asal-usul nya serta memiliki izin usaha yang resmi.

  • Memilih Bahan Baku dengan Kualitas yang Baik

Sebagai pelaku usaha  distributor garam  hanya perlu mengambil bahan dari pabrik atau pemasok yang terpercaya. Sehingga produk garam Anda adalah yang berkualitas.

  • Memilih Supplier Yang Memiliki Harga Jual Rendah dan Berkualitas.

Untuk menjadi supplier atau distributor suatu usaha tentu harus mendapat harga jual produk dari supplier garam yang murah namun berkualitas, hal tersebut merupakan senjata untuk dapat menarik para pelanggan.  Harga jual yang semakin murah. Tentunya akan dapat menjadi daya tersendiri bagi retailer atau konsumen ecer.

  • Konsisten Mengkalkulasikan Semua Jenis Pengeluaran dan Pemasukan.

Menjadi distributor garam harus selalu memiliki perhitungan kalkulasi yang tepat.  Oleh karena itu, lakukan pencatatan secara teliti pada semua pemasukan dan pengeluaran yang ada. Agar nantinya keuntungan atau kerugian yang akan  diperoleh dapat dihitung dengan jelas.

  • Urus Perizinan Usaha Anda di Instansi yang Berwenang

Agar usaha yang Anda dirikan dapat memiliki izin resmi maka Anda harus segera mendaftakannya pada instansi terkait. Apalagi bisnis yang jalani ini masuk kedalam bisnis barang yang dikonsumsi. Sehingga legalitas sangat diperlukan.

  • Pilih Bermitra Dengan Supplier Garam Skala Besar

Cara menjadi distributor garam yaitu jika Anda terkendala dengan modal yang tidak memadai maka Anda dapat bermitra dengan produsen sekaligus supplier garam besar. Sehingga anda tidak perlu susah payah lagi untuk mencari bahan baku. Tentunya dengan bermitra, barang yang akan Anda dijual nantinya merupakan garam yang sudah dikenal dipasaran.

  • Menjadi Pendistribusi Garam Bagi Toko atau Warung-Warung Sekitar Daerah Anda

Cara menjadi distributor garam yaitu dengan lebih memperluas jaringan dan pasar penjualan garam Anda, sebaiknya cobalah untuk menjadi pemasok di toko toko atau warung sembako disekitar daerah Anda. Tawarkan harga dan jaminan mutu kualitas yang baik. Serta berikan pelayanan antar pesanan. Dengan begitu pemilik warung dan toko tidak perlu lagi repot untuk mengambil garam. Tentunya akan menghemat waktu dan lebih praktis.

Demikian artikel cara menjadi distributor garam. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi pengetahuan Anda terutama bagi Anda para pengusaha pemula yang membutuhkan cara menjadi distributor garam, untuk memulai bisnis atau usaha Anda.

Comments are closed.