Bijak Gunakan Garam Industri, Buat Hasil Industri Jadi Maksimal

Bedanya dengan Garam Konsumsi
Garam Industri, Kegunaannya dan Bedanya dengan Garam Konsumsi
January 13, 2020
Garam Konsumsi
Garam Konsumsi Serta Jenis-jenisnya
January 20, 2020

Adanya pabrik garam industri tentu berbeda dengan  pabrik garam konsumsi yang memang digunakan untuk pelezat makanan Anda dan mineral yodium yang terkandung di dalam garam berfungsi untuk mendukung sintesis hormon tiroid dan mampu mengatur tingkat metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan.

Namun jika berlebihan, maka bahaya berupa meningkatnya volume darah yang beredar yang bisa menyebabkan hipertensi serta menimbulkan penyakit-penyakit lainnya, seperti stroke, jantung, gagal ginjal, dan pecahnya pembuluh darah di otak. Garam industri digunakan untuk bahan baku dalam industri-industri. Seperti kosmetik, tekstil, farmasi, dan industri lainnya. Sehingga sangat berbahaya jika garam industri disalahgunakan sebagai campuran dalam masakan Anda. Garam industri mengandung NaCl minimal 97%.

Garam Industri VS Garam Konsumsi

Sangatlah berbeda diantara keduanya. Di dalam garam industri yang memang diperlukan untuk industri dibutuhkan natrium klorida sebagai mineral utamanya. Namun, untuk garam konsumsi lebih kepada rasa asinnya sebagai penyedap makanan Anda. Garam industri diperlukan dengan kualitas yang baik, di mana membutuhkan pertimbangan akan tinggi rendahnya salinitas air laut yang sangat mempengaruhi.

Garam Industri Kaya Manfaat

Garam industri menjadi bahan baku yang sangat diperlukan terutama dalam sektor industri. Apalagi semakin banyaknya industri yang dibangun, maka permintaan akan garam industri pun semakin mengalami peningkatan. Apa saja manfaat dari garam industri?

  1. Industri Kertas

Kertas membutuhkan adanya bahan pemutih atau soda kostik, sehingga garam industri menjadi sangat dibutuhkan dalam industri ini.

  1. Farmasi

Di dalam farmasi, garam industri menjadi sangat penting dan membutuhkan garam industri dalam jumlah yang banyak. Garam industri tersebut digunakan di dalam memproduksi air infus, oralit, sirup, produksi tablet, dan cairan pencuci darah atau hemodialisis.

  1. Untuk Kesehatan

Di dalam dunia kesehatan, garam industri dapat menjadi pelancar metabolisme tubuh. Di mana garam industri dapat membantu menyerap air dalam tubuh untuk kelancaran kerja organ tubuh Anda. Selain itu juga bisa Anda campurkan garam industri pada air mandi Anda. Hal tersebut bisa membantu untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks setelah seharian lelah beraktivitas.

  1. Pupuk Tanaman

Tanaman membutuhkan adanya unsur kalium, makro nitrogen, dan fosfat. Selain itu garam indsutri juga bisa menjadi pupuk yang mampu membantu kesuburan tanaman Anda.

  1. Untuk Perminyakan

Garam industri yang sesuai dengan standar sangat diperlukan dalam industri pengeboran minyak. Fungsi dari garam industri tersebut adalah untuk membuat lumpur saat pengeboran menjadi lebih kental dan dapat mengimbangi tekanan dari tempat terakumulasinya migas.

Kebutuhan Garam Industri

Semakin meningkatnya akan permintaan dan penggunaan garam industri, membuat pabrik garam industri harus lebih bekerja keras di dalam memproduksinya. Sehingga dapat memenuhi akan permintaan garam industri yang semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan semakin luas dan banyaknya industri nasional yang bertumbuh. Otomatis fenomena tersebut mendorong semakin banyaknya konsumsi garam industri.

Banyak manfaat yang diberikan dengan penggunaan garam industri, baik untuk industri maupun untuk kesehatan manusia sendiri. Di samping manfaat-manfaat yang dapat Anda dapatkan, garam industri memiliki kriteria yang berbeda dengan garam konsumsi. Sehingga akan membahayakan jika Anda mengonsumsi garam industri tersebut. Garam industri harus mengandung natrium klorida sebesar 97.4% persen atau lebih, sedangkan untuk garam yang dikonsumsi di bawah persentase tersebut.

Oleh karena itu keberadaan pabrik garam industri memang sepatutnya berfungsi untuk menyediakan akan keperluan dari pabrik-pabrik atau industri-industri yang membutuhkan garam industri dalam proses produksinya.

Comments are closed.