Bagaimana Cara Mudah Memilih Garam Konsumsi Berkualitas?

Cara Mudah Memilih Produsen Garam Terbaik
February 17, 2020
Berapa Kisaran Harga Garam Indonesia?
February 17, 2020

Garam menjadi salah satu bumbu dapur yang tidak dapat lepas dari kehidupan Anda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, garam menjadi salah satu pelengkap makanan sehingga makanan atau masakan Anda tidak hambar. Di dunia kuliner, kegunaan garam sangat tidak dapat dipisahkan. Salah satunya adalah dengan melalui garam konsumsi. Lalu, bagaimana cara mudah memilih garam konsumsi yang berkualitas? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.
⦁ Pilih Garam Yodium
Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memilih garam konsumsi adalah pilihlah garam yang memiliki kandungan yodium. Hal ini sangat penting mengingat yodium memiliki manfaat yang cukup penting bagi kehidupan Anda. Dengan mengkonsumsi garam yang memiliki kandungan yodium, Anda dapat menghindarkan diri Anda dari penyakit yang bernama penyakit gondok. Penyakit tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi cukup yodium di tubuh Anda.
0. Ketahui Jenis Garam
Ada beberapa jenis garam yang dapat Anda pilih. Misalnya, di pasaran Anda akan menemukan jenis garam halus dan juga garam yang kasar. Pilihlah garam yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, garam yang kasar memiliki kandungan yodium yang cukup banyak dibandingkan dengan garam kasar. Sehingga, jika Anda sedang mencari garam konsumsi, maka ketahuilah terlebih dahulu mengenai jenis yang Anda pilih.
0. Tidak Adanya Kandungan Campuran
Garam konsumsi yang memiliki kandungan berkualitas adalah garam yang tidak mengandung campuran yang merugikan. Biasanya, tidak sedikit produsen garam yang menambahkan kandungan garam dengan kandungan bahan lainnya yang mana memiliki efek samping bagi tubuh. Sehingga, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pastikan bahwa Anda mengetahui bahwa garam yang Anda pilih tidak mengandung campuran apapun.
0. Cepat Larut dalam Air
Garam yang layak konsumsi dan garam yang berkualitas adalah garam yang dapat secara langsung larut pada air tanpa meninggalkan butiran kasar. Jika Anda menemukan adanya garam yang tidak mampu larut dalam air, maka Anda harus berhati- hati dan selalu memerhatikan garam tersebut. Bisa jadi garam tersebut mengandung bahan berbahaya yang tidak dapat dikonsumsi oleh tubuh Anda. Pastikan Anda selalu mengetahui bahwa garam tersebut merupakan garam yang layak untuk Anda konsumsi.
Jenis- Jenis Garam
Terdapat beberapa jenis garam yang perlu Anda ketahui. Hal ini dikarenakan, tidak semua garam memiliki kandungan yang sama. Terdapat garam yang memiliki kandungan yodium dan garam yang tidak mengandung yodium. Berikut beberapa jenis garam yang perlu Anda ketahui.
⦁ Garam Meja
Garam meja merupakan garam yang digunakan untuk memasak. Garam ini memiliki tekstur yang cukup halus dan mengandung yodium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Garam ini memiliki kandungan natrium klorida sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Garam ini menjadi salah satu jenis garam konsumsi yang wajib Anda pilih.
0. Garam Laut
Garam laut merupakan jenis garam yang dibuat di laut dengan cara menguapkannya. Garam ini juga mengandung natrium klorida namun memiliki kandungan mineral yang cukup sedikit. Meskipun begitu jenis garam ini juga mengandung kalium, zat besi, dan juga seng. Akan tetapi, hal yang perlu Anda perhatikan adalah garam ini bisa mengandung bahan berbahaya karena dibuat di laut.
Garam Mana yang Lebih Sehat?
Pada dasarnya, semua jenis garam memiliki manfaat bagi Anda khususnya adalah sebagai bumbu masakan. Meskipun begitu, jika Anda sedang mencari garam konsumsi, maka Saya sarankan kepada Anda untuk memilih garam yang memiliki kandungan yodium. Walaupun semua garam memiliki kandungan natrium, namun tidak semua garam mengandung yodium. Hal ini dikarenakan, yodium cukup memegang peranan yang penting bagi tubuh Anda.

Comments are closed.