Peluang usaha garam beryodium

Distributor Garam Refina
June 18, 2019
Kebutuhan Garam Aneka Pangan Untuk Industri Makanan
June 23, 2019

Peluang usaha garam beryodium sejak dahulu hingga sekarang menjadi bisnis yang menjanjikan dengan keuntungan yang besar. Peluang usaha garam beryodium dengan cara pembuatan garam sendiri memang dapat dilakukan dengan sangat mudah. Jika dilihat air laut yang di panaskan saja bisa berubah menjadi garam. Dengan proses produksinya yang mudah tersebut, membuat peluang usaha garam, terutama peluang usaha garam beryodium semakin banyak peminatnya. Dan dijaman yang lebih modern ini, bisnis garam sudah dibantu proses produksinya dengan mesin yang canggih.

Garam beryodium adalah bahan yang sangat dibutuhkan dan tidak boleh tidak ada di dapur Anda. Bahan yang satu ini sangat penting untuk menambahkan cita rasa dalam setiap masakan. Bayangkan jika Anda memasak tanpa garam, pasti rasanya akan kurang sedap dan selara memakannyapun tidak ada. Hal inilah yang menjadikan peluang usaha garam beryodium dapat sangat menjanjikan.

Karena selain sebagai bumbu dapur ternyata garam beryodium memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan. Dengan harga jual garam yang murah nyatanya tak membuat pilihan para pengusaha yang telah menekuni peluang usaha garam beryodium merugi. Justru kesempatan ini menjadikan peluang usaha garam beryodium menjadi celah bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Dimana peluang usaha garam beryodium ini memang sejak dahulu hingga sekarang menjadi bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar.
Peluang usaha garam beryodium memang menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak pernah mati. Bisnis garam dapur atau garam beryodium ini menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Peluang usaha garam beryodium menjadi celah bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Dimana peluang usaha garam beryodium ini memang sejak dahulu hingga sekarang menjadi bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar. Dimana peluang usaha garam beryodium ini memang sejak dahulu hingga sekarang menjadi bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar.

– Alasan Garam Konsumsi Harus Garam Beryodium :
Peluang usaha garam beryodium yang diproduksi sebagai garam konsumsi harus garam beryodium karena mengacu pada Keppres No. 69/1994, yang menyatakan bahwa Garam konsumsi didasarkan pada dasar hukum Keputusan Presiden Republik Indonesia No 69/1994 Tanggal 13-10-1994 tentang pengadaan garam beryodium serta SK Memperindag No. 77/M/SK/5/1995 tanggal 04-05-1995 tentang persyaratan tehnis pengolahan, pengawasan dan pelabelan garam beryodium memberikan petunjuk tehnis untuk pengadaan garam beryodium yang memenuhi syarat. Sehingga peluang usaha garam beryodium juga wajib memenuhi standar tersebut.

– Cara Membuat Garam Beryodium :
Begini cara proses pembuatan garam beryodium untuk produksi industri garam beryodium rumahan, sebagai peluang usaha garam beryodium :

Tahap pertama :
Peluang usaha garam beryodium langkah pertama membuat garam beryodium adalah garam yang dibeli dari petani berupa garam krosok dibeli dan dicuci. Pencucian garam krosok dari petani ini dilakukan dengan membuat bak-bak penampung yang terbuat dari tembok semen yang berisi larutan pencuci garam yang disebut Brine. Kemudian garam tersebut dipindahkan secara bertahap dari bak pertama sampai bak ke enam sampai benar-benar bersih.

Tahap ke dua Peluang usaha garam beryodium langkah ke dua membuat garam beryodium adalah setelah garam dicuci, garam kemudian ditiriskan dan kemudian diangin-anginkan dikeringkan dengan cara di oven atau di sangrai sehingga kadar airnya menjadi 5 %.

Tahap ke tiga :
Peluang usaha garam beryodium langkah ke tiga membuat garam beryodium adalah garam krosok yang sudah kering kemudian digiling dan diberi zat iodisasi (yodium) dengan formula seperti di bawah ini :

a. Garam : 25 Ton : 20 Ton
b. KIO3 : 1 Kg : 1 Kg
c. Air Pelarut : 25 liter : 20 Liter agar menghasilkan garam beryodium dengan kualitas 40 – 50 PPM

Tahap ke empat :
Peluang usaha garam beryodium langkah ke empat membuat garam beryodium adalah garam yang sudah di iodisasi langsung di timbang sesuai isi dalam kemasan yang tertera di label bungkusan garam. Apabila ingin di buat garam briket atau garam kotak maka dibuat cetakan dan garam di press sehingga bisa berbentuk kotak setelah itu garam dapur atau garam kotak kemudian dibungkus dalam plastik kemasan dan dilaminasi sehingga tidak terjadi kebocoran di dalam kemasan.

Tahap ke lima :
Peluang usaha garam beryodium langkah ke empat membuat garam beryodium adalah garam yang telah beryodium siap di pasarkan.
– Analisa Keuntungan Peluang Usaha Garam Beryodium :
Biaya Operasional
Biaya pencucian garam : Rp. 20/kg
Biaya Sangrai dan giling : Rp. 20/Kg
Biaya Oven dengan batok kelapa : Rp. 200/Kg
Biaya Packing untuk garam beryodium : Rp. 350/bal atau Rp. 175/kg. 1 bal berisi : 20 bungkus (berat 2 kilo)
Biaya Packing untuk garam kotak/briket : Rp. 200 kemasan 1,5 Kilo dan Rp. 150 kemasan 1 kilo
Biaya Beli Bungkus Plastik 1 Roll :
Rp. 700.000 isi 2.500 bungkus plastik atau sekitar Rp. 100/bungkus
Jumlah biaya garam beryodium : 20+20+200+175+100 = Rp. 515

Total biaya pembuatan garam apabila musim kemarau :
* Harga garam krosok : 600 + Total biaya pembuatan garam dapur : 515 = Rp. 1.115
Total biaya pembuatan garam di musim menengah :
* Harga garam krosok : 850 + Total biaya pembuatan garam dapur : 515 = Rp. 1.365
Total biaya pembuatan garam apabila musim penghujan :
* Harga garam krosok : 900 + Total biaya pembuatan garam dapur : 515 = Rp. 1.415

Harga Penjualan ke marketing / sales untuk 1 bal isi 20 bungkus (2 Kilo) adalah : Rp. 5.000: 2 = Rp. 2.500
Jadi keuntungan pembuatan garam beryodium tiap 1 kilo adalah : 2.500 – 1415 (harga penghujan): Rp 1.085
Jadi setiap satu industri rumahan dengan 5 karyawan mampu menghasilkan 1,5 Ton atau 1.500 kg garam beryodium.
Maka kebutuhan garam untuk 1 industri rumahan adalah 30 hari X 1.500 kg = 45.000 kg atau 45 ton perbulan.
Jadi penghasilan bersih dari sebuah industri garam beryodium rumahan ini perbulan adalah 45.000 X Rp. 1.085 = Rp. 48.825.000.

Demikian pembahasan kami tentang peluang usaha garam beryodium. Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan referensi dan gambaran bagaimana untuk menjalani sebuah peluang usaha garam beryodium. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.