Menggunakan Garam Industri Di Berbagai Bidang Industri Lainnya

Harga Garam Industri Sesuai Kebutuhan Masyarakat
December 1, 2019
Garam Konsumsi, Garam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
December 7, 2019
Menggunakan Garam Industri

Berbagai kebutuhan menggunakan garam industri akan sangat kompleks dan bervariatif, baik sebagai bahan baku maupun bahan penolong berbagai produksi industri. Garam industri di Indonesia masih dipenuhi dari impor. Namun pemerintah terus berusaha mendorong  peningkatan kualitas produk garam nasional agar bisa memenuhi kebutuhan sektor industri, yaitu tentang perluasan lahan tambak dan peningkatan produksi garam nasional. Pemerintah telah melakukan perluasan lahan tambak garam petani lokal. Pemerintah juga berupaya meningkatkan kualitas garam yang diproduksi oleh petambak lokal. Saat ini, kualitasnya baru berada di level 94% NaCL dan untuk memenuhi kebutuhan garam industri maka harus ditingkatkan menjadi 97%.

Berbagai kebutuhan menggunakan garam industri harus dipenuhi dengan produksi garam berkualitas “industrial grade” sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk berbagai jenis industri, dengan kualitas yang terbaik. Garam industri akan dipasok atau dipasarkan oleh pabrik, supplier atau distributor garam untuk industri yang digunakan untuk berbagai kebutuhan industri-industri di Indonesia. Jenis garam industri merupakan jenis garam yang memiliki spesifikasi dan harus memiliki spesifikasi NaCl minimal 97%.

Namun khusus untuk industri pangan garam industri yang digunakan harus memiliki kadar Ca dan Mg < 600 ppm. Kurang lebih sekitar 40% hasil olahan garam di dunia digunakan pada proses industri. Berikut ini manfaat garam industri,yang  digunakan pada bidang industri :

*Menggunakan Garam Industri Untuk Aneka Industri & Pabrik,

Garam industri ini garam yang nantinya digunakan bagi industri – industri sebagai bahan baku ataupun bahan penolong.  Garam industri ini akan digunakan untuk kebutuhan berbagai macam industri, antara lain industri farmasi, tekstil, aneka pangan, minuman dan lain-lain. Garam industri ini umumnya memiliki spesifikasi NaCl minimal 97%, dan memiliki jumlah mineral dan kadar air yang rendah.

*Untuk Menunjang Kebutuhan Pertanian.

Garam industri pada bidang pertanian merupakan garam industri yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk, yaitu kandungan garam di dalam pupuk dapat menambah unsur hara pada tanaman.

* Untuk Kolam Renang

Garam industri dimanfaatkan untuk melakukan treatment air kolam renang karena garam dapat menyerap kalsium dan mineral yang tidak dibutuhkan di dalam air kolam renang. Selain itu garam mampu menyeimbangkan pH dalam air kolam renang.

*Untuk Bidang Industri Kimia.

Garam industri pada bidang industri kimia  yaitu merupakan bahan baku kimia yang nantinya akan diubah menjadi klorin dan soda abu, serta dasar-dasar kimia anorganik. Garam industri dijadikan sebagai bahan baku dalam berbagai industri seperti untuk industri kimia chlor-alkali, seperti minyak untuk industri petrokimia.

Garam industri untuk bahan baku kimia klorin ini juga nantinya digunakan untuk menghasilkan air bersih, sabun dan deterjen, obat, pipa PVC untuk rumah kita, ponsel, kosmetik, baju pelindung bagi para penyelam SCUBA dan astronot, kamera digital, TV panel datar, mikroskop elektron, panel surya untuk produksi energi, tekstil manufaktur, kaca, karet, kulit, bahkan sampai untuk bahan pengeboran sumur minyak.

*Untuk Industri Pengawetan.

Dengan garam industri dapat digunakan untuk pengawetan kulit hewan yang bertujuan untuk melindungi kulit yang akan diawetkan terhadap serangan serangan bakteri sampai kulit tersebut siap diolah.  Bakteri menyerang pada kulit dimulai sesudah hewan mati, untuk itu diperlukan proses pengawetan. Ada beberapa metode dalam mengawetkan kulit. Salah satunya adalah metode pengawetan dengan garam industri yang kering dan garam basah.

* Untuk Perawatan Tubuh.

Selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, garam industri  yaitu garam laut ternyata berkhasiat untuk merawat kecantikan wanita. Garam murni merupakan jenis garam yang didapat dari proses alami penguapan air laut atau air asin.  Tekstur garam laut dapat digunakan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati. Selain itu, mineral yang terkandung pada bahan alami garam ini juga dapat membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

Di dalam garam terdapat kandungan potasium dan belerang yang baik untuk mengontrol produksi sebum berlebih yang dapat mengakibatkan kulit berjerawat. Garam murni diketahui mampu mengembalikan kelembapan alami kulit serta menghilangkan bakteri-bakteri yang menutup pori.

*Untuk Bidang Industri Aneka Pangan.

Sedangkan dalam industri makanan, yang biasa disebut garam industri aneka pangan gara berfungsi sebagai penambah cita rasa, penguat aroma, serta sebagai bagan pengawet pada makanan.

*Untuk Bidang Peternakan.

Bidang perternakan garam industri digunakan untuk menjaga kesehatan dan menunjang seluruh kebutuhan pangan hewan-hewan ternak. Hewan memiliki nafsu makan pada sumber makanan yang memiliki kandungan natrium klorida daripada senyawa lain yang ada di alam kecuali air. Dan dalam hal ini garam industri yang diolah, akan menjadi suplemen penting bagi diet bergizi seimbang untuk hewan. Jadi garam industri dalam bidang perternakan adalah untuk meningkatkan nafsu makan hewan, dan untuk menjaga keseimbangan gizi hewan.

Demikianlah pembahasan kami tentang berbagai manfaat garam industri dalam berbagai bidang industri, sebagai bahan penolong induatri. Kami berharap pembahasan kami ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Comments are closed.