Manfaat Garam Dalam Kehidupan

Berapa Kisaran Harga Garam Indonesia?
February 17, 2020
garam industri
Perbedaan Komposisi Garam Industri dan Garam Konsumsi
April 4, 2020

Hampir di seluruh dunia saat ini, harus sama – sama menghadapi pandemi covid 19. Salah satu hal menarik dalam bagaimana mencegah diri sendiri tertular atau kondisi tubuh tetap sehat, selain mengkonsumsi vitamin C dan vitamin E, adalah juga dengan berkumur larutan air garam.

Garam dengan kualitas baik, mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh selama tidak dikonsumsi berlebihan tentunya. Yang banyak beredar di pasaran adalah garam konsumsi, yang jenisnya digunakan untuk makanan.

Selain mengandung yodium yang dibutuhkan tubuh, dan juga bisa digunakan untuk mengawetkan makanan seperti ikan atau daging, berikut adalah manfaat garam konsumsi dalam kehidupan :

Meredakan Sakit Tenggorokan

Seperti yang sudah disebutkan di pembukaan tadi, berkumur larutan air hangat dan garam 2 hari sekali, dapat membunuh kuman atau bakteri dalam mulut. Cara ini juga bisa meredakan sakit tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus.

Menjaga Kebersihan Gigi & Mulut

Rajin berkumur air garam juga dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut. Mencegah tumbuhnya karang gigi, selain rajin menggosok gigi tentunya. Jika anda termasuk salah satu orang yang mudah sariawan, berkumur larutan garam juga dapat meringankan nyeri pada sariawan dan mengurangi bengkak pada gusi.

Menjaga Kebersihan Bagian Tubuh Yang Luka

Selain mampu memberikan rasa pada masakan atau makanan, larutan air garam konsumsi juga bisa membersihkan area tubuh yang luka. Caranya juga sangat mudah, hanya perlu membasahi kain atau kassa dengan larutan air garam, lalu usap lembut ke kulit yang terluka.

Jangan gunakan air yang terlalu panas saat melarutkan garam untuk membersihkan luka. Karena akan membuat area kulit yang halus terbakar saat diusapkan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, larutan garam dengan air hangat juga berguna bagi kecantikan wajah. Dapat menghilangkan jerawat dan komedo karena mineral pada garam memang dibutuhkan kulit ketika sel kulit mengalami kerusakan. Kulit wajah terlihat lebih cerah karena garam dapat menghilangkan kotoran dan membunuh kuman.

Nah, ternyata banyak ya manfaat garam dalam kehidupan sehari hari. Jadi, selalu sediakan garam konsumsi di dapur anda, karena fungsinya ternyata bukan hanya sebagai pemberi rasa dalam masakan.

 

Comments are closed.