Garam Untuk Membersihkan Perabotan
May 20, 2022
Mengenal Garam Himalaya Dan Kegunaannya
June 13, 2022

Kenapa Tubuh Butuh Kita Mengkonsumsi Garam Beryodium ?

Garam beryodium merupakan garam yang sudah ditambahkan mineral yodium. Mineral yodium sendiri berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid  bermanfaat untuk mencegah penyakit tiroid serta menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Itulah kenapa tubuh kita butuh mengkonsumsi garam beryodium.

Apa Perbedaan Garam Biasa Dan Garam Beryodium ?

Perbedaannya terletak pada tekstur dan pemrosesannya. Pada garam biasa atau krosok tekstur yang lebih kasar seperti kristal yang tidak beraturan. Sedangkan pada garam yodium teksturnya halus, dan sudah melalui pemrosesan dengan menambahkan mineral yodium. Untuk rasa keduanya sama yaitu gurih dan asin.

Berapa Standar Nasional Garam Yodium Agar Bisa Dikonsumsi?

Garam beryodium yang dapat dikonsumsi tentunya memiliki Standar Nasional Indonesia dengan kadar youdium sebesar 30-80 ppm. Namun jumlah yang diperlukan setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usianya. Kementerian Kesehatan merekomendasikan asupan yodium sehari-hari sebagai berikut:

  • 90–120 mikrogram (mcg) yodium per hari untuk bayi
  • 120 mcg yodium per hari untuk anak-anak
  • 150 mcg yodium per hari untuk remaja dan orang dewasa
  • 220 mcg yodium per hari untuk ibu hamil
  • 250 mcg yodium per hari untuk ibu menyusui

Asupan yodium ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi garam beryodium yang ditambahkan pada masakan atau minuman.

Beragam Manfaat Garam Yodium

Sebagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, berikut ini beberapa manfaat apabila anda mengkonsumsi garam beryodium :

  1. Menjaga fungsi kelenjar tiroid.

Garam beryodium dapat membantu mempercepat pembakaran energi yang masuk ke tubuh, memproduksi manfaat protein untuk tubuh, mengatur dan menghasilkan pembentukan hormon tubuh, sehingga dapat menjaga fungsi kelenjar tiroid.

  1. Mendukung pertumbuhan otak pada janin, bayi dan anak – anak.

Manfaat neurologis yang sama dari yodium selama masa kehamilan dapat meluas ke fungsi otak yang sehat selama masa kanak-kanak. Pastikan anak mendapatkan kebutuhan yodium hariannya melalui makanan yang sehat. Konsultasikan pada dokter untuk saran asupan lebih lanjut.

  1. Mencegah Gondok

Jika asupan yodium tidak terpenuhi, maka kelenjar tiroid ini akan mengalami pembengkakan, dan menyebabkan penyakit gondok.

  1. Dapat Meningkatkan Berat Badan Lahir

Konsumsi yodium selama kehamilan berguna untuk berat badan lahir yang sehat.

Dari ulasan diatas, bisa dihilat betapa pentingnya tubuh kita mengkonsumsi garam beryodium Semoga ulasan ini bermanfaat.