Kebutuhan Garam Aneka Pangan Untuk Industri Makanan

Peluang usaha garam beryodium
June 20, 2019
Fungsi Dan Kegunaan Garam Untuk Pakan Ternak
June 26, 2019

Garam aneka pangan adalah garam industri yang digunakan untuk melengkapi dan menciptakan cita rasa atau penyedap pada makanan. Bermacam-macam olahan makanan misal : daging, sosis, keju, roti, dan sebagainya sangat membutuhkan peranan garam. Garam aneka pangan berfungsi membuat tekstur makanan menjadi sesuai serta akan diperoleh aroma khas makanan itu sendiri. Selain itu, garam aneka pangan dalam industri makanan juga digunakan sebagai bahan pegawet untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme pada makanan.

Tanpa adanya garam aneka pangan, maka proses produksi akan terhenti, hal tersebut akan menyebabkan pertumbuhan industri pangan pun akan terancam. Dan tentunya akan berdampak pada nasib para pekerja yang bernaung di sektor industri pangan. Garam aneka pangan adalah garam yang beryodium yang digunakan sebagai bahan baku atau bahan penolong pada industri aneka pangan untuk memproduksi makanan maupun minuman. Garam aneka pangan memiliki spesifikasi sebagai berikut :

*Garam aneka pangan harus memiliki standar “Food grade” tingkat kehalusan tertentu.*Garam aneka pangan harus memiliki kadar NaCl min. 97% (adbk)*Garam aneka pangan harus memiliki kadar Kalsium (Ca) maks. 0,06%
*Garam aneka pangan kadar Magnesium (Mg) maks. 0,06%
*Garam aneka pangan memiliki kadar Air (b/b) maks. 0,5%
*Garam aneka pangan memiliki bagian tidak larut dalam air maks. 0,5%
*Garam aneka pangan memiliki kandungan logam Cd: maks. 0,5 mg/kg, Pb maks.10 mg/kg, Hg maks. 0,1 mg/kg, As maks. 0,1 mg/kg
*Garam aneka pangan memiliki kadar iodium min. 30 mg/kg (adbk).

Setiap tahun garam aneka pangan yang dipakai oleh industri aneka pangan membutuhkan garam sekitar 500 ribu ton sebagai bahan baku pembuatan jenis panganan seperti mie instan dan produk pangan lainnya. Garam aneka pangan menjadi salah satu bahan baku pokok bagi industri aneka pangan yang perannya tak tergantikan. Begitu pentingnya peranan garam, diantaranya garam aneka pangan, sehingga garam disebut sebagai komoditas strategis.

Ada dua alasan yang mendasari hal tersebut. Pertama, tidak ada barang substitusi lain yang bisa menggantikan garam. Kedua, garam mampu memberi nilai tambah tinggi bagi ekonomi terutama dalam perannya untuk industri. Sehingga begitu diharapkan industri garam nasional mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksinya menuju swasembada garam di tahun 2021.Sehingga kebutuhan garam aneka pangan dan kebutuhan industri lainnya dapat konsisten terpenuhi dari dalam negeri.

Lebih jauh lagi, agar Indonesia mampu menjadi produsen garam terbesar di dunia untuk memenuhi kebutuhan global. Sehingga, potensi besar produksi garam yang dimiliki Indonesia semakin membantu setiap kebutuhan industri – industri, dalam hal ini untuk industri garam aneka pangan.

Demikian artikel kami tentang pengertian garam aneka pangan, fungsi garam aneka pangan, spesifikasi dan pemenuhan garam bagi industri garam aneka pangan. Semoga bermanfaat dalam menambah pengetahuan Anda.

Comments are closed.