Garam Untuk Pakan Ternak Memiliki Banyak Fungsi Dan Peranan

Melihat peluang distributor garam industri
September 10, 2019
distributor garam beryodium
September 17, 2019

Garam untuk pakan ternak menjadi suplemen penting bagi tubuh hewan ternak, yaitu untuk menambah nafsu makan hewan ternak dan perkembangan dan kesehatan yang optimal. NaCl memang sangat diperlukan oleh tubuh hewan ternak. Setiap peternak harus selalu memberikan sumber gizi yang tepat bagi hewan ternaknya, salah satunya dengan menyediakan garam untuk pakan ternak dikandang.

Setiap hewan ternak dapat menjilat campuran garam untuk pakan ternak yang disediakan oleh para peternak di dalam kandang. Garam untuk pakan ternak ini,   terdiri dari 50 % garam dan 50 % dicalcium phosphat. Setiap peternak wajib  menyediakan setiap saat. Agar kebutuhan suplemen bagi tubuh ternak terpenuhi dan menghasilkan ternah yang sehat dan berkualitas. Hal tersebut tentu sangat diharapkan setiap peternak, yaitu mendapatkan hasil yang maksimal dari hewan ternak yang mereka pihara.

Hewan ternak sapi dan kerbau biasanya akan membutuhkan kurang lebih 2 kg campuran garam untuk pakan ternak setiap saru bulan. Sedangkan hewan ternak kambing dan domba memerlukan sekitar 200 gr/ekor garam untuk pakan ternak untum setiap bulannya. Setiap peternak wajib memperhatikan hal ini. Sebab jika tidak maka setiap hewan tenak yang dipelihara akan mudah terserang berbagai penyakit hingga pada kematian.

Garam untuk pakan ternak (NaCl) sangat banyak fungsinya bagi tubuh hewan sama fungsinya seperti garam bagi tubuh manusia.  Garam untuk pakan ternak juga dibutuhkan untuk pertumbuhan hewan ternak. Mineral-mineral yang dapat ditemukan dalam garam misalnya kalsium (Ca), Magnesium (Mg), dan natrium Klorida (NaCl).  Sehingga garam untuk pakan ternak wajib diberikan bagi setiap hewan ternak Anda, karena banyak sekali manfaatnya. Garam bagi tubuh hewan  menjadi sumber mineral esensial natrium dan khlor.

Dan perlu Anda ketahui mineral seperti garam tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ternak, akan tetapi di dapat dari luar. Yaitu tambahan melalui mineral dalam garam. Hal itulah yang menyebabkan garam untuk pakan ternak perlu disediakan bagi setiap ternak, yaitu agar ternak mendapatkan mineral yang cukup bagi hewan ternak yang Anda miliki. Berikut ini beberapa manfaat atau kegunaan garam untuk pakan ternak yang diberikan pada hewan ternak :

  • Mineral yang terkandung dalam garam untuk pakan ternak berfungsi sebagai mineral yang baik bagi pertumbuhan tubuh ternak, yaitu untuk membantu proses pembentukan vitamin dalam tubuh ternak. Jadi pemberian vitamin pada ternak harus diseimbangkan dengan pemberian mineral yang cukup untuk hewan ternak Anda.
  • Mineral yang terkandung dalam garam untuk pakan ternak sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan enzim dalam tubuh ternak.
  • Mineral dalam garam untuk pakan ternak berguna untuk ternak bisa mengatasi saat kondisi tubuh ternak sedang kekurangan vitamin dalam waktu yang relative lama. Tetapi tubuh hewan ternak tidak dapat  kekurangan mineral dalam waktu yang lama.

Fungsi mineral dalam garam untuk pakan ternak  yang sangat penting,   bagi setiap hewan ternak , yaitu untuk kelangsungan hidup setiap hewan ternak.

Demikian artikel kami tentang berbagai fungsi garam untuk pakan ternak. Semoga  artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai informasi tentang pentingnya garam untuk pakan ternak dan pentingnya kegunaan mineral bagi tubuh hewan ternak yang Anda  pelihara. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.