Garam Aneka Pangan Untuk Bahan Baku Industri Makanan

Pabrik Garam Industri Sebagai Penghasil Garam Di Dalam Negeri
September 1, 2019
Melihat peluang distributor garam industri
September 10, 2019

Garam aneka pangan merupakan garam untuk industri aneka pangan.  Industri pengolahan aneka pangan sangat membutuhkan garam industri jenis ini. Jenis garam aneka pangan bukan untuk dikonsumsi manusia secara langsung, namun sebagai bahan penolong pembuatan aneka pangan. Misalkan produksi sebuah biskuit atau mie instan tidak akan terjadi tanpa adanya garam aneka pangan. Jadi jenis garam ini sungguh sangat dibutuhkan untuk melengkapi produk-produk makanan dari industri makanan di Indonesia.

Jenis garam aneka pangan adalah untuk kebutuhan bahan baku industri pengolahan aneka pangan, jenis garam ini termasuk dalam jenis golongan garam industri, namun memiliki standar “food grade” yang harus dipenuhi, agar dapat dikonsumsi secara sehat. Namun garam aneka pangan bukan jenis garam rumah tangga yang biasa dikonsumsi sehari-hari di dalam masakan rumahan. Garam aneka pangan termasuk garam industri yang berbeda spesifikasi dengan garam konsumsi rumah tangga.

Dan garam aneka pangan yang diperlukan untuk industri aneka pangan awalnya seluruhnya masih mengimpor dari luar negeri, karena jenis garam aneka pangan ini perlu kandungan khusus, iklim khusus dan lain-lain. Sehingga  garam industri belum banyak diproduksi  dari tambak garam petani lokal. Petani garam lokal kebanyakan hanya memproduksi bagi kebutuhan garam konsumsi di dalam negeri saja atau sebagai garam konsumsi rumah tangga saja. Garam petani lokal tersebut semula kebanyakan hanya diperuntukkan untuk konsumsi rakyat,  jadi spesifikasinya bukan untuk garam aneka pangan atau garam industri.

Spesifikasi garam yang dapat digunakan untuk industri garam aneka pangan yakni kadarnya NaCl-nya di atas 97%, dan kadar airnya kurang dari 0,5%. Sedangkan garam rumah tangga kadar NaCl-nya kurang dari 94%, dan kadar airnya sekitar 5%. Dan karena hal inilah mengapa spesifikasi garam lokal belum memenuhi seluruhnya kebutuhan garam industri aneka pangan atau garam untuk jenis industri lainnya. Sedangkan kebutuhan industri aneka pangan sendiri yakni mencapai 567.000 ton garam industri per tahun. Sehingga pemerintah harus mengusahakan garam aneka pangan ini bahan bakunya dapat terpenuhi, karena mempunyai peran besar dalam perekonomian Indonesia.

Namun saat ini pemerintah terus berusaha membantu terkendalinya penyerapan garam lokal oleh industri, terutama dari industri aneka pangan. Dan saat ini baru dilakukan oleh sektor industri aneka pangan, yaitu garam aneka pangan yang kini dapat diperoleh dari petani garam lokal. Hal ini dikarenakan penyerapan garam milik petani garam lokal untuk kebutuhan industri di Tanah Air belum dapat maksimal.

Itulah yang menyebabkan industri sektor lain belum dilibatkan oleh pemerintah agar dapat menggunakan garam lokal.   Hal tersebut belum dapat dilakukan dengan alasan kualitas garam lokal yang belum memenuhi standar. Diharapkan  agar ada proyek percontohan yang melibatkan petani garam lokal  untuk menghasilkan garam berkualitas selain garam aneka pangan saja. Pemberdayaan ini akan menjadi salah satu jalan untuk mendorong petani garam lokal menghasilkan garam berkualitas yang bisa digunakan industri selain industri  aneka pangan saja.

Bahkan kualitas garam aneka pangan yang dibutuhkan oleh industri tidak hanya terbatas pada NaCl yang tinggi tersebut. Demi keamanan produk aneka pangan, industri ini membutuhkan batas maksimal kandungan logam berat seperti kalsium dan magnesium yang tidak boleh melebihi 400 ppm untuk industri aneka pangan. Industri pengolahan garam untuk garam aneka pangan di Indonesia  memang patut menjadi lebih efektif lagi agar dapat memberi nilai tambah dan mengurangi impor.  Diharapkan langkah ini diikuti perusahaan pengolahan garam lainnya guna memperkuat struktur industri nasional.

Demikian penjelasan kami tentang garam aneka pangan yang berbeda dengan garam konsumsi rumah tangga. Kami berharap melalui pembahasan kami dalam artikel ini, setiap orang dapat lebih memahami dan membedakan berbagai jenis garam terutama garam aneka pangan,  yang adalah untuk industri aneka pangan. Terutama bagi setiap orang yang ingin membuka usaha dalam industri aneka pangan, yang akan menggunakan garam aneka pangan, bagi industrinya.

Comments are closed.