Fungsi Dan Kegunaan Garam Untuk Pakan Ternak

Kebutuhan Garam Aneka Pangan Untuk Industri Makanan
June 23, 2019
Jual Segala Macam Garam
July 1, 2019

Garam untuk pakan ternak yaitu NaCl yang sangat diperlukan oleh hewan. Peternak harus menyediakan garam untuk pakan ternak dikandang, agar setiap saat hewan ternak dapat menjilatnya. Campuran garam untuk pakan ternak yaitu terdiri dari 50 % garam dan 50 % dicalcium phosphat harus disediakan setiap saat. Sapi dan kerbau akan menghabiskan 2 kg campuran garam untuk pakan ternak ini selama satu bulan. Kambing dan domba memerlukan sekitar 200 gr/ekor garam untuk pakan ternak setiap bulan. Juga beberapa mineral harus disediakan di kandang.

Garam untuk pakan ternak (NaCl) sama fungsinya seperti garam yang dipakai manusia. Garam sangat berguna untuk menambah rasa pada makanan sampai untuk mengawetkan daging dan ikan. Kini ada juga garam industri, biasanya kita lebih mengenal garam konsumsi. Garam konsumsi ini adalah garam yang mengandung mineral yang memang dibutuhkan tubuh untuk kelangsungan hidup. Dan tentunya garam konsumsi yang digunakan sebagai garam untuk pakan ternak juga dibutuhkan untuk pertumbuhan hewan ternak. Mineral-mineral yang dapat ditemukan dalam garam misalnya kalsium (Ca), Magnesium (Mg), dan natrium Klorida (NaCl). Sehingga garam untuk pakan ternak sangat bermanfaat untuk setiap ternak Anda.

Garam untuk pakan ternak menjadi sumber mineral esensial natrium dan khlor. Mineral tersebut tidak disimpan dalam tubuh karena sebagian besarnya terdapat dalam cairan tubuh dan jaringan lunak. Mineral seperti garam tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ternak, akan tetapi di dapat dari luar. Hal itulah yang menyebabkan garam untuk pakan ternak perlu disediakan bagi setiap ternak, yaitu agar ternak mendapatkan mineral yang cukup.

Garam untuk pakan ternak akan disukai oleh semua herbivora, terutama apabila memakan garam untuk pakan ternak yang disediakan dalam bentuk jilatan atau dalam bentuk halus dalam tempat mineral. Oleh karena hewan suka akan garam maka biasanya garam dipakai sebagai campuran posfor atau mineral mikro dan senyawa lain misalnya obat parasit. Tanpa adanya mineral garam untuk pakan ternak, maka vitamin tidak akan berfungsi dengan sempurna karena salah satu fungsi mineral adalah membantu pembentukan vitamin dalam tubuh ternak. Jadi percuma saja kita memberikan vitamin untuk ternak bila kebutuhan mineral ternak tidak cukup. Garam untuk pakan ternak adalah penting untuk tumbuh kembang binatang ternak Anda.

Garam untuk pakan ternak dalam hal ini, untuk pakan unggas, biasanya dilakukan formula penambahan garam sebanyak 0,1 sd 0,4 %. garam yang umum digunakan dalam bahan baku unggas adalah garam yang berbentuk serbuk dengan kandungan yodium 30 sd 100 ppm. Garam untuk pakan ternak unggas tidak boleh diberikan terlalu banyak dalam pakan unggasnya, karena akan berpengaruh buruk pada unggas tersebut, diantaranya menyebabkan kotoran basah. Kelebihan garam untuk pakan ternak unggas dapat menyebabkan unggas minum berlebihan untuk mengeluarkan natrium dari dalam tubuh. Dan keadaan ini akan menyebabkan kotoran unggas menjadi sangat basah dan lembab, akibatnya akan timbul gangguan penyakit bagi unggas yang dipelihara.

Garam dalam pakan ternak diberikan pada hewan ternak sangat berguna, karena :
*Mineral dalam garam untuk pakan ternak berguna sebagai mineral bagi pertumbuhan tubuh ternak yaitu untuk membantu pembentukan vitamin dalam tubuh ternak. Jadi akan sangat percuma apabila kita memberikan vitamin untuk ternak jika kebutuhan mineral ternak tidak cukup.
*Mineral dalam garam untuk pakan ternak berguna untuk membantu pembentukan enzim dalam tubuh ternak. Seperti halnya vitamin, enzim pun membutuhkan mineral untuk bisa terbentuk.
*Mineral dalam garam untuk pakan ternak berguna untuk ternak bisa mengatasi atau mentolerir kekurangan vitamin dalam waktu yang relative lama, tetapi tidak untuk kekurangan mineral.
Fungsi mineral dalam garam untuk pakan ternak yang sangat penting ini terkadang tidak dipahami atau malah dianggap remeh oleh peternak atau orang-orang yang terlibat dalam dunia peternakan. Hal tersebut mungkin dikarenakan kebutuhan mineral yang memang tidak sebanyak kebutuhan nutrisi.

Jika Anda membutuhkan garam untuk pakan ternak, Anda jangan ragu untuk menghubungi nomor kontak pada situs website ini, tersedia garam untuk pakan ternak yang Anda butuhkan. Garam yang kami jual merupakan garam yang biasa digunakan sebagai campuran pakan ternak.
Demikian artikel kami tentang garam untuk pakan ternak. Kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam hal informasi tentang pentingnya garam untuk pakan ternak dan pentingnya kegunaan mineral bagi tubuh hewan ternak yang Anda pelihara. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.