Tips Sukses Jual Garam

Harga Garam Industri
January 28, 2020
Beragam Jenis dan Kualitas Garam industri
February 7, 2020

Garam merupakan mineral penting bagi tubuh manusia, dan penggunaannya juga sangat luas, baik itu garam konsumsi yang sering dipergunakan untuk membumbui masakan atau memperkaya rasa minuman yang dikonsumsi sehari-hari, maupun garam industri yang banyak juga digunakan secara meluas cakupannya sejak dari industri hilir hingga ke industri hulunya. Permintaan pasarnya bahkan cenderung aman dan selalu ada saja permintaannya, serta bahkan akan terus meningkat seiring dengan tingkat pertumbuhan jumlah manusia dari waktu ke waktu. Bisa disebut bahwa pasar garam itu selalu ada saja permintaannya. Sehingga akan sangat menguntungkan jika memulai untuk merintis berjualan menjadi distributor garam, bisa dimulai dari menggarap pasar garam di lingkungan sekitar tempat tinggal kita terlebih dahulu, misalnya. Berikut ini adalah tips sukses jual garam.

Cari Informasi Sebanyak-banyaknya Selengkapnya

Langkah pertama adalah mencari informasi distributor garam besar yang akan diajak untuk bekerja sama yang akan memasok kebutuhan garam yang akan dijual. Pertama tentukan dulu jenis garam yang akan dijual, yakni apakah itu garam konsumsi atau garam industri. Karena karakteristik pasarnya akan berbeda selain jenis barangnya yang juga berbeda, dan pada tiap jenis garamnya juga memiliki banyak varian macamnya, demikian pula dengan ukuran, tekstur, kualitas dan juga harga pokoknya.  Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan juga selengkap-lengkapnya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan secara offline maupun secara online lewat internet.

Jajaki Peluang Pasarnya

Siapa sih yang tidak butuh garam, yak kan. Setiap orang pasti akan memerlukan garam dalam keseharian hidupnya. Namun agar sukses dalam berjualan garam maka perlu dilakukan penjajakan dulu mengenai seberapa besar ceruk peluang pasarnya di wilayah yang akan digarap dan dimasuki. Biasanya orang akan membeli garam apa adanya yang tersedia di pasar. Nah jika garam yang akan dijual memiliki kualitas yang lebih baik, lebih bagus, lebih bersih dan juga sesuai bentuk teksturnya sesuai keinginan pasar yang akan dimasuki maka hal ini akan memudahkan dalam penjualannya. Kini orang mulai sadar kesehatan dan mulai memperhatikan kualitas bahan makanan yang hendak disantapnya, dalam hal ini garam juga menjadi salah satunya.

Pilih Penawaran yang Paling Murah dan Cukup berkualitas

Diantara sekian banyak pilihan berdasarkan berbagai informasi dan penawaran yang masuk maka lalu pilih tawaran yang paling murah untuk kualitas yang tidak berbeda jauh. Tiap distributor besar pastinya akan memiliki produk garam yang berbeda-beda kondisi dan juga kualitasnya, selain harganya yang akan bisa berbeda-beda. Oleh karenanya perlu dipilih jenis garam yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar garam yang ingin dimasuki, lalu pilih produsen yang menawarkan dalam harga yang terendah dengan mutu kualitas yang tidak banyak berbeda jauh, sesuai dengan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pasar garamnya.

Cermati Klausul Surat Perjanjian Jual Belinya

Jangan lupa untuk teliti dan cermat membaca surat perjanjian jual belinya, pastikan keseluruhan isinya telah dimengerti dengan benar dan sesuai dengan kesepakatannya. Pertimbangkan juga berbagai alternatif solusinya jika terjadi suatu kejadian force majeure yang tidak terduga.

Rajin Menawarkan dan Jaga Service

Kemudian setelah barang tersedia di gudang, atau bahkan bisa juga sejak sebelumnya, secara preorder, maka bisa mulai untuk menawarkannya kepada berbagai calon konsumen potensial yang ada dan telah didata sebelumnya. Sampaikan berbagai keunggulan kualitas garamnya, pastikan konsumen mengerti benar dengan tingkat kualitas dan juga berbagai keunggulannya.

Jika konsumen telah merasakan manfaat dan keunggulannya maka akan dengan mudah melakukan pembelian kembali secara berulang-ulang.

Comments are closed.