Manfaat Garam Konsumsi dan Cara Memilih Garam dengan Kualitas Terbaik

Seputar Sell Industrial Salt Indonesia
February 10, 2020
Jangan Salah! Berbagai Manfaat Garam untuk Anda
February 17, 2020

Garam dikelompokkan menjadi dua, yaitu garam konsumsi serta garam industri. Garam konsumsi adalah jenis garam yang dikonsumsi setiap harinya dalkam bentuk makanan dan minuman. Adapun  khasiat yang dihasilkan adalah rasa makanan menjadi nikmat dan gurih. Lain halnya dengan garam industri yang manfaatnya adalah untuk bahan baku maupun digunakan untuk bahan pendukung industri yang ada. Beberapa manfaat garam industri antara lain adalah untuk kebutuhan kosmetik, farmasi, tekstil dan masih banyak lagi.

Manfaat garam konsumsi

Ada beberapa manfaat garam konsumsi, diantaranya adalah:

  • Garam efektif melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Garam konsumsi efektif melancarkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga sistem dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain manfaat tersebut, garam juga efektif menyerap kelebihan air dalam tubuh.
  • Manfaat lain dari konsumsi garam adalah efektif melancarkan sistem pencernaan.
  • Meringankan beberapa penyakit berbahaya seperti masalah pada bronchitis dan masalah serius pada saluran pernafasan.
  • Mengatasi masalah kesehatan yang serius seperti hiponatremia yaitu kekurangan garam yang ada di dalam cairan tubuh.

Memilih garam konsumsi dengan kualitas yang paling bagus

Karena begitu pentingnya manfaat garam bagi kesehatan, maka memilih jenis garam terbaik sangatlah penting.  Berikut beberapa jenis garam konsumsi yang direkomendasikan bagi kesehatan.

  1. Garam meja

Garam meja adalah jenis garam yang banyak digunakan untuk memasak. Jenis garam ini telah mengalami berbagai macam proses pengolahan dan memiliki tekstur yang lembut dan halus. Jenis garam ini diperkaya dengan yodium yang merupakan jenis mineral yang digunakan untuk tubuh. Jenis garam ini umumnya ditambah dengan anti-caking untuk mencegah agar garam tidak mengalami penggumpalan, dan teksturenya tetap seperti butiran yang tidak menempel dan halus.

  1. Garam laut

Garam laut adalah jenis garam yang dibuat melalui proses penguapan air laut. Kandungan NaCl yang ada di dalamnya bisa dibilang hampir sama dengan garam meja. Namun sayangnya, jenis garam ini kurang direkomendasikan lantaran sudah cukup banyak tercemar oleh logam dan kotoran.

  1. Garam Himalaya

Jenis garam yang satu ini memang cukup jarang kita dengar. Garam Himalaya ini berasal dari Khewra Salt Mine yang berlokasi di Pakistan, dengan warnanya yang identik merah karena kaya akan zat besi. Garam Himalaya adalah jenis garam yang direkomendasikan karena banyaknya kandungan mineral lain selain NaCl. Memang, secara jumlah, kandungan Natrium Klorida yang ada di dalamnya memang tidak begitu banyak, namun kandungan mineral lainnya yang terkandung di dalam garam Himalaya sangat direkomendasikan bagi kesehatan tubuh.

  1. Garam kosher

Jenis garam yang lain yang beredar di pasaran selain garam meja adalah garam kosher. Garam ini secara teksturenya cukup mudah menggumpal karena tidak terdapat agen anti-caking di dalamnya. Garam jenis ini adalah jenis garam yang rendah kandungan yodiumnya  dengan massa yang lebih ringan dan rasa yang mirip dengan garam meja pada umumnya.

  1. Garam celtic

Kita biasa menyebutnya sebagai garam abu-abu karena dari segi warnanya abu-abu. Garam jenis ini hadir dengan kandungan air yang menyebabkan tekstur yang dimilikinya tetap lembab. Banyak kandungan mineral lain yang ada di dalamnya dengan kadar NaCl yang lebih rendah jika dibandingkan dengan garam meja.

Dari kelima jenis garam konsumsi di atas, manakah yang paling direkomendasikan? Hingga kini, banyak yang menggunakan garam meja untuk menyedapkan masakannya. Selain garam meja, untuk tampilan yang lebih menarik ada garam Himalay. Pastikan garam tersebut dipakai dalam jumlah yang cukup dan tidak melebihi kapasitas. Pilih yang kaya yodium untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan.

 

Comments are closed.