Harga Garam Industri

Tips Beli Garam Industri
January 26, 2020
Tips Sukses Jual Garam
February 3, 2020

Berapa  Harga Garam Industri? Garam industri ialah garam yang memiliki kadar NaCl yakni kadar Natrium Chlorine minimal 97,4%. Jenisnya juga beragam, selain fungsi dan kegunaannya yang cukup luas, mulai untuk keperluan industri tekstil, farmasi, industri perminyakan, industri kesehatan dan kecantikan, dalam proses pembuatan kertas, di bidang pertanian untuk pupuk organik, di bidang peternakan untuk asupan garam sapi dan lain sebagainya, juga dalam proses pengawetan kulitnya, untuk rekayasa cuaca, untuk penjernihan air dan menyeimbangkan kadar PH air kolam renang dan lain sebagainya, hingga juga termasuk untuk industri pangan. Garam industri yang digunakan dalam industri di bidang pangan ini dipersyaratkan secara khusus antara lain harus berkadar Ca serta Mg di bawah 600 ppm, beryodium dan lain sebagainya.

Aneka Jenis Garam Industri

Tak hanya garam konsumsi saja yang jenisnya bervariasi, garam industri juga terdiri dari berbagai jenis sebagai berikut.

Berdasarkan Teksturnya

Berdasarkan pada teksturnya maka ada garam industri bertekstur halus dan kasar atau yang sering disebut garam krosok. Garam halus juga memiliki tingkat kehalusan yang bermacam-macam, dengan tingkat kehalusan yang tertinggi yakni yang serupa bedak tabur, garam jenis ini cocok untuk menjadi bumbu makanan dengan penggunaan yang mirip seperti gula halus yang ditaburkan pada makanan. Jadi kualitasnya juga bermacam-macam, meski teksturnya sama-sama kasar juga, namun kualitasnya bisa berbeda-beda. Penggunaannya garam industri bertekstur halus dan kasar tersebut juga bisa berbeda namun bisa saja sama, yakni seperti untuk penjernih dan pembersih serta penyeimbang kadar PH air kolam renang misalnya. Jadi kemudian tergantung pada selera dan pertimbangan serta kebutuhan masing-masing, karena ada yang lebih memilih menggunakan garam industri yang bertekstur halus, dengan pertimbangan agar mudah larut dan dapat menyebar secara merata di seluruh air kolam renang yang ada, namun ada juga yang lebih suka menggunakan garam industri yang dengan tekstur yang lebih kasar untuk itu  dengan pertimbangan supaya dapat lebih awet dan bertahan lama di dalam air kolam, dan bisa larut dengan secara perlahan-lahan lalu bertahan lama, dan lain sebagainya.

Garam Industri Beryodium dan yang Tidak

Di pasaran juga beredar dan diperjual belikan garam industri yang telah mengandung kadar yodium tertentu dan ada yang tidak.

Garam Industri Food Grade dan yang Tidak

Garam industri juga ada yang telah berkualitas food grade dan ada yang belum. Garam industri yang telah memiliki kadar food grade adalah garam industri yang memiliki kadar Natrium Klorida atau NaCl yang cukup tinggi, yakni minimal 97% dalam keadaan kering dan bahkan ada yang memiliki kadar NaCl minimal 99%, serta memiliki unsur serta kadar logam yakni seperti Kalsium serta Magnesium yang rendah.

Berdasarkan Metode atau Teknik Pembuatannya

Kemudian berdasarkan metode atau teknik pengolahannya maka terdapat garam refined dan garam washing. Kualitas garam juga bisa dibedakan berdasarkan kandungan airnya. Semakin rendah kandungan airnya maka semakin bagus kualitasnya. Kualitas garam juga bisa dibedakan berdasarkan tingkat keputihan warnanya. Biasanya semakin putih warnanya maka akan dianggap semakin bagus kualitasnya.

Kisaran Harga Garam Industri

Harga garam industri itu bervariasi, tergantung pada jenis dan juga kualitas serta merknya. Adapun kisaran harganya ialah mulai dari Rp. 2500-3500 per kilogramnya. Ada garam industri yang dijual eceran per kilogram, namun ada juga yang sudah dalam bentuk kemasan per 25 kilogram atau per 50 kilogram. Rata-rata garam halus memiliki harga yang lebih tinggi daripada harga garam dengan tekstur yang lebih kasar, namun kualitas lain seperti kadar air atau kadar kekeringannya, juga tingkatan warna putih dan berbagai ukuran kualitas garam yang lainnya juga turut menentukan dan mempengaruhi besaran harganya.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi  Harga Garam Industri.

 

Comments are closed.