Garam Konsumsi, Garam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Menggunakan Garam Industri Di Berbagai Bidang Industri Lainnya
December 4, 2019
Garam Refina Garam Berkualitas Baik
December 11, 2019

Garam konsumsi akan selalu dibutuhkan oleh manusia.  Garam tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari garam konsumsi digunakan sebagai penambah cita rasa pada makanan yang dimasak dalam rumah tangga. Ketika tidak ada garam, semua jenis masakan apapun di rumah akan terasa tidak nikmat. Garam konsumsi sangat berperan penting memberikan cita rasa dan kenikmatan. Seluruh manusia atau setiap rumah tangga sangat membutuhkan keberadaan garam, yaitu garam konsumsi.

Pemerintah menetapkan bahwa garam konsumsi yaitu garam yang dikonsumsi sehari-hari harus dan wajib untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu harus mengandung yodium sebesar 30-80 ppm (Depkes RI). Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan zat iodium masyarakat Indonesia, untuk menghindari berbagai jenis penyakit. Karena garam selain hanya dikonsumsi sebagai penyedap rasa, garam konsumsi juga harus memiliki standar kelayakan atau syarat sebagai garam yang dikonsumsi sehari-hari oleh manusia. Garam yang dikonsumsi sehari-hari oleh manusia merupakan garam yang harus mengandung Iodium atau garam beryodium. Berikut ini kami sampaikan beberapa manfaat garam konsumsi yang beryodium untuk kesehatan:

*Dapat Mengatasi Jerawat

Garam konsumsi beryodium yang manusia pakai sebagai penambah cita rasa. Ternyata bermanfaat mengatasi jerawat. Jerawat bisa Anda obati dengah bahan alami yakni air garam. Yaitu dengan mencampurkan segelas air dan satu sendok makan garam laut hingga garam larut dalam air. Kemudian mengolesi wajah yang berjerawat dengan kapas yang telah dibasahi dengan air garam. Biarkan hingga kering kemudian bilas menggunakan air biasa. Garam mematikan bakteri pada wajah Anda yang berjerawat.

*Dapat Mengatasi Bau Mulut.

Garam konsumsi yang beryodium juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut, yang timbul salah satunya disebabkan oleh berkembangnya kuman dan bakteri di dalam mulut akibat kebiasaan malas menggosok gigi. Bau mulut tersebut bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air garam. Anda hanya perlu menambahkan beberapa sendok garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, diaduk hingga garam larut. Kemudian Anda dapat gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur.  Lakukan beberapa kali seminggu agar kuman dan bakteri dari bau mulut dapat hilang.

*Dapat Mengobati Luka

Garam konsumsi yang beryodium memiliki kemampuan mengobati luka pada kulit Anda. Dengan air garam, luka lebih mudah sembuh karena garam memiliki khasiat dan kemampuan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka dengat cepat serta mudah.

*Dapat Mencegah Kekurangan Iodine

Manfaat garam konsumsi yang beryodium berikutnya adalah dapat mencegah kekurangan iodine. Garam konsumsi yang beryodium adalah salah satu sumber yodium yang mudah di dapatkan di mana saja. Yodium sangat penting untuk memproduksi hormon tiroid. Tanpa jumlah yodium yang mencukupi, tiroid membesar sebagai upaya untuk memenuhi permintaan tubuh akan hormon tiroid. Ini dapat mengakibatkan kondisi serius seperti perkembangan gondok atau hipotiroidisme.

Garam konsumsi yang beryodium juga dibutuhkan tubuh  untuk pembentukan hormon tiroid bagi perkembangan yang tepat dari otak dan struktur tulang selama kehamilan dan perkembangan anak. Jika ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui kekurangan yodium, anak-anak yang dilahirkan akan dapat menderita keterbelakangan mental. Asupan garam konsumsi yang beryodium yang mencukupi dapat mencegah kekurangan yodium yang dapat berakibat fatal.

*Dapat Mejaga Keseimbangan Elektrolit Tubuh.

Garam konsumsi yang beryodium juga sangat penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit untuk kelancaran fungsi organ. Elektrolit-elektrolit ini terutama mengandung magnesium, kalium, kalsium, dan natrium.  Ketika tubuh mengalami dehidrasi dan penyakit seperti kolera dan diare yang melemahkan sistem, dokter seringkali menyarankan Anda minum dari campuran air, gula, dan garam untuk mengimbangi cairan yang hilang.

*Dapat Mencegah Diabetes

Garam konsumsi yang beryodium juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Dalam hal ini garam memiliki manfaat untuk meningkatkan insulin yang sehat diperlukan untuk menjaga tubuh yang bugar. Diet dengan kadar garam rendah dapat melemahkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Ini mengurangi kemampuan tubuh untuk memetabolisme glukosa, memberikan tingkat energi yang buruk ke hati, otot, dan sistem saraf, kemungkinan mengarah ke diabetes tipe 2.

*Dapat Menyehatkan Kehamilan

Asupan garam konsumsi yang beryodium juga sangat diperlukam untuk Ibu hamil.  Asupan garam konsumsi yang beryodium yang cukup dianjurkan oleh dokter untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Demikian pembahasan kami tentang garam konsumsi yang mengandung yodium. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, mendapatkan informasi dan wawasan yang penting tentang kegunaan garam konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih.

Comments are closed.