Garam Industri, Kegunaannya dan Bedanya dengan Garam Konsumsi

Garam Aneka Pangan Garam Industri Untuk Memproduksi Makanan
December 29, 2019
Garam Konsumsi dan Aneka Jenisnya
January 17, 2020

Garam yang memiliki rasa asin itu sudah menjadi barang kebutuhan sehari-hari, dan garam itu juga memiliki banyak jenis, serta cukup luas penggunaannya. Secara garis besar maka garam bisa dibedakan menjadi dua, yakni garam industri dan garam konsumsi.

Apa itu Garam Industri

Garam merupakan senyawa kimia yang mempunyai komponen utama berupa kandungan Natrium klorida atau NaCl dan juga kandungan senyawa air, serta magnesium, dan kalsium, juga sulfat serta bisa dengan ataupun tanpa bahan tambahan berupa iodium, dan anti caking serta free flowing. Garam industri merupakan garam yang sering digunakan untuk keperluan di dunia industri, baik itu sebagai bahan baku ataupun sebagai bahan tambahannya. Garam industri tersebut memiliki kadar NaCl minimal sebesar 97% terhitung pada basis keringnya.

Garam Konsumsi

Lalu yang disebut sebagai garam konsumsi ialah garam yang digunakan untuk keperluan konsumsi, dalam skala rumah tangga atau bisnis rumah makan, dan kuliner lainnya, sehari-hari. Garam konsumsi ini kadar NaCl nya minimal 94,7% hingga kurang dari 97% terhitung pada basis kering nya. Garam konsumsi tersebut dikonsumsi bersama-sama di dalam makanan ataupun suatu minuman.

Penggunaan Garam Industri

Penggunaan garam industri cukup luas, bisa digunakan untuk kebutuhan terkait dengan kosmetik, dan farmasi, juga tekstil, industri pangan khususnya dalam bidang pengawetan, industri petrokimia, dan lain sebagainya. Khusus untuk industri di bidang pangan, maka kadar Ca serta Mg nya haruslah di bawah 600 ppm. Garam industri bisa juga digunakan untuk membersihkan kolam renang, sebagai pengganti chlorine yang kadang membuat beberapa orang mengalami alergi. Bentuk garam industri untuk pembersih kolam renang ini ada yang bentuk butirannya halus, sehingga lebih mudah larut ke dalam air kolam, tapi juga ada yang lebih suka menggunakan bentuk garam yang lebih kasar dengan maksud agar bisa lebih awet dan bertahan lama di dalam air kolam, larut dengan secara perlahan-lahan dan bertahan. Garam industri yang digunakan untuk membersihkan air kolam renang ini dapat menyerap dan menetralisir beberapa kandungan mineral dan kalsium yang tidak diperlukan dalam air kolam renang, dan lalu membuat seimbang kadar PH airnya. Kemudian garam industri juga bisa digunakan untuk proses pengawetan produk dari kulit hewan, yang dimaksudkan agar bahan kulit terbebas dari sebagai bakteri sebelum akan diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam produk, yakni seperti untuk membuat tas atau sabuk kulit, atau jok dan sofa kulit, atau jaket kulit dan lain sebagainya. Caranya ialah dengan membersihkan kulit hewan yang akan diawetkan terlebih dahulu dari berbagai daging yang masih menempel dan juga lemak serta berbagai kotoran lainnya. Pengawetan kulit hewan ini bisa dilakukan dengan dua metode, yakni metode garam kering dan metode garam basah. Pada metode garam kering maka setelah kulit hewan bersih maka lalu kulit hewan tersebut direndam dalam larutan garam hingga minimal selama 24 jam atau sehari semalam, lalu diangkat dan digantung hingga kering dengan bantuan sinar matahari. Sedangkan untuk metode garam basah maka kulit hewan yang telah bersih tadi dibeberkan atau dibentangkan pada suatu papan atau bidang miring dengan bagian dalam kulit menghadap ke arah atas, lalu taburi kulit hewan yang akan diawetkan tersebut dengan garam sebanyak sekitar 30% dari bobot berat kulit hewan yang akan diproses pengawetan tersebut, lalu setelah merata kemudian lipat kulit hewan yang telah berbalur garam tadi dan simpan selama 24 jam, lalu ulangi lagi tahap tadi sebanyak satu kali lagi  yakni mengolesi atau menaburi dan membalur kulit hewan tadi dengan garam sebanyak 30% dari bobot beratnya, lali lipat dan simpan lagi hingga selama 2 hari sampai 30 hari atau sekitar sebulan maka kulit hewan tadi akan sudah siap untuk diproses lebih lanjut menjadi berbagai macam produk  seperti  dompet  tas atau topi arau sepatu dan lain sebagainya.

Selain itu masih banyak lagi kegunaan garam industri. Bagus juga untuk perawatan tubuh sebagai scrub dan lain sebagainya.

Comments are closed.